Wujudkan Kader Militan, PK MATAN IAIN Adakan Ta’aruf MATAN

oleh -14 views

RAKYATCIREBON.ID – Pengurus Komisariat (PK) Mahasiswa Ahlith Thariqoh Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (MATAN) IAIN Syekh Nurjati Cirebon adakan pengkaderan formal yaitu Ta’aruf MATAN, selama dua hari.

Kegiatan yang berlangsung dua hari itu mengusung tema Mencetak Kader yang Unggul dengan Penguatan Nilai Ke-MATAN-an. Ta’aruf MATAN menghadirkan lima pemateri, KH Mustofa Rasjid SH MPdi sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Cirebon, Dr KH. Suteja MAg selaku Wadek III FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan Pembina PK MATAN IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Syukron Ma’mun SPd sebagai Sekretaris IV PP MATAN, Muhammad Alwi SPt MM Dosen UGJ Cirebon) dan M Habiburrahman sebagai Ketua PC MATAN Kota Cirebon.

Acara yang bertempat di PP Madinatunnajah Kota Cirebon ini dihadiri oleh KH Abdul Mujieb selaku Idarah Syu’biyah JATAMAN Kota Cirebon, Kiai Munib Khumaedi selaku Mudir JATMAN Kota Cirebon, PC MATAN Kota Cirebon, PK MATAN UNU Cirebon, PKPT IPNU-IPPNU IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan segenap keluarga besar MATAN IAIN Cirebon.

Tidak hanya itu, peserta yang hadir sekitar enam belas orang tidak hanya diikuti oleh mahasiswa IAIN Cirebon, tapi juga dari luar IAIN seperti, Institut Agama Islam Cirebon (IAI C), Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ), Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC), dan santri dari Pondok Pesantren.

Pembina PK MATAN IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr KH Suteja MAg menuturkan, bahwa jika menginginkan untuk bisa berkontribusi dalam ber-MATAN, MATAN itu bukan hanya sekedar Ta’aruf kemudian keluar, setiap kegiatannya harus diikuti juga.

“Makanya kalau pengen ente mau punya kontribusi dalam ber-MATAN. MATAN itu bukan hanya sekedar ta’aruf kemudian keluar, tidak. Harus ikut kajian-kajian dan sukur-sukur wiridannya juga di istiqomahkan,” tuturnya.

Sementara, Ketua PC MATAN Kota Cirebon, Habiburrahman menegaskan agar Mahasiswa IAIN Syekh Nurjadi dapat menjadi pionir pembangunan MATAN di Cirebon.

“Mari bersama-sama kita membangun MATAN khususnya di kota Cirebon. Denga solid supaya adanya rasa saling memiliki antar anggota dan tingkatan. Jika terdapat masalah kemudian diselesaikan bersama maka akan mudah dilalui,” tegas Habiburrahman saat membuka kegiatan Ta’aruf.

Selain itu, Khumaedi NZ selaku Ketua PK MATAN IAIN Syekh Nurjati Cirebon menambahkan, bahwa di dalam MATAN bukan orang-orang suci, tapi orang yang bersama-sama belajar membersihkan hati.

“Hilangkan petisi bahwa MATAN berisi orang-orang suci, di dalam MATAN bukan orang-orang suci, tapi orang yang bersama-sama belajar membersihkan hati dengan nilai-nilai ketasawufan dan selalu mendekatkan diri kepada ulama melalui MATAN ini,” pungkasnya. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.