Wujud Penghargaan; Guru, Nakes, Veteran Bisa Naik KA Gratis

oleh -1 views
HARI PAHLAWAN. PT KAI menyediakan 11 ribu tiket gratis selama November ini untuk para Guru, Nakes dan juga Veteran sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November, dan akan jatuh dalam beberapa hari ke depan, diperingati dengan berbagai kemeriahan oleh semua pihak. Tidak terkecuali oleh PT KAI.

Salah satunya, PT KAI membagikan voucher tiket KA Jarak Jauh secara gratis kepada para pahlawan. Meliputi para tenaga kesehatan yang menjadi pahlawan selama pandemi, para guru yang menjadi pahlawan tanpa tanda jasa, serta para veteran RI.

Pada Hari Pahlawan 2021 ini, PT KAI menyediakan 11.000 voucher tiket KA Jarak Jauh gratis bagi para pahlawan yang akan dapat digunakan untuk periode keberangkatan tanggal 8 (hari ini, red) sampai tanggal 30 November mendatang.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto mengungkapkan, pada program ini, daerah operasi 3 Cirebon sendiri mendapatkan 424 kuota voucher gratis untuk tiket KA kelas Ekonomi, serta 97 voucher untuk tiket KA kelas eksekutif.

“Program ini sebagai bentuk penghargaan KAI kepada para pahlawan yang telah berjuang dan berbakti kepada masyarakat, baik di masa pandemi maupun kemerdekaan,” ungkap Suprapto.

Bukan untuk kali pertama, program tiket gratis bagi pahlawan ini juga sudah dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Pada tahun 2020 lalu, PT KAI membagikan 10.000 voucher tiket KA kepada guru dan tenaga kesehatan.

Melihat antusias masyarakat pada tahun sebelumnya sangat tinggi, maka pada tahun ini PT KAI menambah jumlah voucher yang disediakan. Sekaligus memasukan veteran RI sebagai salah satu pihak yang berhak mendapatkan voucher tiket kereta.

Kepada tiga kategori pahlawan yang bisa menikmati layanan ini, lanjut Suprapto, ada beberapa hal yang dipersyaratkan. Di antaranya, untuk kategori guru, mereka yang menjadi guru di lembaga pendidikan formal mulai dari tingkat TK hingga SMA atau sederajat. Baik di lembaga sekolah negeri maupun swasta, dengan status ASN maupun honorer.

Untuk kategori tenaga kesehatan, adalah mereka para bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, tenaga administrasi, hingga driver ambulance, baik dari klinik, puskesmas, atau rumah sakit terkecuali para dokter.

Kemudian untuk veteran RI, adalah mereka yang tergabung dan menjadi anggota dari organisasi Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). “Itu beberapa persyaratannya,” lanjut Suprapto.

Bagi mereka yang masuk dalam kategori yang ditentukan, dijelaskan Suprapto, bisa menikmati program voucher tiket gratis, dimana voucher dapat diambil mulai tanggal 7 (kemarin, red) sampai tanggal 29 November mendatang di loket atau Customer Service di 12 Stasiun, yaitu Stasiun Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Medan, Kertapati serta Tanjung Karang.

Saat pengambilan voucher, calon penumpang harus menunjukkan identitas asli dan fotocopy identitas atau surat keterangan yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan adalah guru, tenaga kesehatan atau veteran.

Voucher gratis tersebut dapat digunakan untuk perjalanan KA ke berbagai tujuan pada periode yang sudah ditentukan, dan untuk di Daop 3, voucher bisa diambil dan ditukarkan di Stasiun Cirebon.

Di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon terdapat KA yang menuju Jakarta, Tegal, Purwokerto, Bandung, Solo, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang  dan kota-kota lainnya di Pulau Jawa. Jumlah voucher yang disediakan di tiap KA per tanggal terbatas, dan khusus untuk di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, tersedia voucher untuk kelas ekonomi maksimal  16 – 20  voucher per harinya, dan untuk voucher kelas eksekutif hanya antara 3-5 voucher perharinya.

“Selama program berlangsung, satu identitas hanya berhak untuk satu voucher atau satu kali perjalanan. Pengambilan voucher tidak dapat diwakilkan kecuali untuk Veteran RI. Voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucher, misalnya pengambilan voucher di Stasiun Cirebon, maka voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Kejaksan, tiket KA yang sudah dicetak tidak dapat diubah jadwalnya,” imbuh Suprapto. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.