Warga Desa Jatitengah Swadaya Bangun Lapangan Bola

oleh -21 views
JATITUJUH – Keberadaan fasilitas umum (fasum) di suatu wilayah, sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dan hal tersebut merupakan suatu kewajiban pemerintah untuk menyediakan fasilitas bagi warganya.

alat berat merapihkan lapangan bola majalengka
Warga Jatitengah swadaya. Foto : Hasanudin/Rakyat Majalengka

Namun tak jarang, fasilitas yang ada di wilayah tersebut, dibangun menggunakan cara swadaya atau dana pribadi dari masyarakat di lingkungan Desa tersebut. Seperti salah satu fasilitas lapangan sepakbola yang dibuat oleh warga Desa Jatitengah.

Menurut Kepala Desa Jatitengah melalui Kepala Dusun Sabtu, Cecep. Dirinya beserta warga berinisiatif untuk membuat lapangan olahraga tersebut karena banyaknya warga yang berminat untuk berolahraga.

“Sangat disayangkan, minat tersebut tidak disalurkan. Sementara, di wilayah ini memang ada lahan kosong yang bisa dimanfaatkan. Sehingga, kami bersama-sama mengolah lahan kosong tersebut dan menjadikan lapangan olahraga,” tegas Cecep pada Rakyat Majalengka (Rakyat Cirebon Group), Minggu (27/9)

Dengan sigap, lahan kosong yang terbilang cukup luas tersebut disulap menjadi lapangan olah raga. Selain membersihkan lahan kosong tersebut, warga juga bergotong royong memasang tiang di kedua sisi lapangan.

“Untuk tiang ini, sengaja kami pasang di sini. Jadi, selain bisa digunakan untuk olah raga sepakbola juga bisa digunakan untuk bola voli. Semua warga bersemangat melakukan gotong royong untuk membuat lapangan ini,” terangnya.

Dirinya berharap, agar pemerintah juga mendukung dan berperan aktif dalam pembangunan di Desa Jatitengah. Terlebih lagi untuk fasum yang ada, dimana jumlahnya masih sangat minim.

“Kalau bisa, pemerintah bisa memberikan lebih dari apa yang kami lakukan untuk membangun lingkungan. Kami butuh dukungan nyata dari pihak pemerintah, khususnya dalam hal fasilitas umum, seperti jalan, PJU, drainase  dan sebagainya,” pungkasnya.(hsn/mgg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *