Wabup Harap Petugas Medis Puskesmas Bisa Autopsi Verbal

oleh -5 views
DIBUKA. Wabup Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih memberikan sambutan saat Workshop Autopsi Verbal, Sertifikasi Medik Penyebab Kematian, dan Pengkodean ICD X Data Mortality, kemarin.
DIBUKA. Wabup Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih memberikan sambutan saat Workshop Autopsi Verbal, Sertifikasi Medik Penyebab Kematian, dan Pengkodean ICD X Data Mortality, kemarin.

RAKYATCIREBON.ID – Wakil Bupati Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi membuka acara Workshop Autopsi Verbal, Sertifikasi Medik Penyebab Kematian, dan Pengkodean ICD X Data Mortality yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Hotel Prima Kota Cirebon, Senin (7/6).

Wahyu Tjiptaningsih yang akrab disapa Ayu ini menyebutkan, workshop digelar dalam rangka penguatan sistem pencatatan kelahiran, kematian dan penyebab kematian.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini saya berharap rekan-rekan yang mengikuti kegiatan ini khususnya Petugas Medis Puskesmas se-Kabupaten Cirebon bisa melakukan autopsi verbal,” kata Ayu.

Berdasarkan Undang-undang (UU) tahun 2013 no 24 tentang administrasi kependudukan, disebutkan peristiwa penting kelahiran dan kematian harus dicatat di sistem catatan sipil untuk itu catatan sipil merupakan sumber data statistik yang baik.

Namun, peraturan perundangan tersebut belum berjalan dengan baik, pencatatan masih kurang dan hanya sebatas pada mereka yang mengajukan pengurusan akta kelahiran.

Ayu mengatakan, data kepependukan seperti identitas anak KTP, kartu keluarga, dan kartu kematian tidak terdapat pada catatan sipil, lantaran masyarakat tidak merasakan manfaatkan dengan melaporkan dan mencatatkan kejadian dalam catatan sipil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.