Vaksinasi Covid-19 di Indramayu Dijadwalkan Februari

oleh -11 views
foto: tardiarto azza

INDRAMAYU – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 perdana di Kabupaten Indramayu dijadwalkan pada Februari 2021 mendatang. Hal ini mundur dari rencana sebelumnya yang diperkirakan pelaksanaannya pada pekan ketiga Januari 2021.

Juru Bicara Bidang Vaksin Covid-19 Kabupaten Indramayu, dr H Wawan Ridwan MM mengatakan, meski sebelumnya sudah memperkirakan waktu untuk pelaksanaan vaksinasi, namun tetap menunggu instruksi Presiden Republik Indonesia. Dari informasi yang diterimanya saat ini baru dilaksanakan vaksinasi di tingkat nasional. “Pelaksanaan vaksinasi tingkat nasionalnya baru hari ini. Vaksinasi di daerah akan dimulai tanggal 14 Januari 2021,” jelasnya, Rabu (13/1).

Adapun pelaksanaan di tingkat daerah beberapa tahap dan termin. Untuk tahap 1 terbagi dalam 2 termin. Rinciannya, tahap 1 termin 1 adalah di ibukota provinsi dan kabupaten/kota yang berbatasan dengan ibukota provinsi dilaksanakan pada bulan Januari 2021. 

Di Jawa Barat, lanjut Wawan, ada 7 kabupaten/kota yang akan melaksanakan vaksinasi mulai 14 Januari 2021. Yaitu Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Kota Cimahi. “Selanjutnya pelaksanaan vaksinasi tahap 1 termin 2 dipastikan pada bulan Februari 2021 yang salah satu daerahnya adalah Kabupaten Indramayu,” sebutnya.

Disampaikan, rencana distribusi vaksin dari Provinsi Jawa barat ke Kabupaten Indramayu diperkirakan tanggal 24-25 Januari 2021 dengan alokasi vaksin sebanyak 4.960 dosis. Pada pelaksanaannya nanti akan di dahului dengan pemberian vaksin kepada sekitar 10 orang pimpinan dan tokoh daerah. “Untuk meningkatkan kepercayaan publik akan keamanan dan kehalalan vaksin, pelaksanaan vaksinasi akan didahului dengan pemberian kepada pimpinan dan tokoh daerah dulu,” kata dia.

Sementara itu, kesiapan menjelang pelaksanaan vaksinasi telah dimatangkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kabupaten Indramayu dengan menggelar simulasi pada 8 Januari 2021 lalu. Kegiatannya dipusatkan di Puskesmas Margadadi, Kecamatan Indramayu dengan melibatkan berbagai unsur.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kabupaten Indramayu, dr H Deden Bonni Koswara MM, simulasi yang dilaksanakan itu untuk mengetahui berbagai kesiapan yang diantaranya fasilitas kesehatan. Yakni meliputi 49 puskesmas dan 10 rumah sakit yang sudah diverifikasi melalui aplikasi P- Care di BPJS.

Sedangkan Plt Bupati Taufik Hidayat berharap tidak ada kendala dan muncul masalah pada pelaksanaannya nanti. Bahkan sangat menginginkan dengan vaksinasi nanti bisa mengakhiri pandemi secara perlahan, khususnya di Kabupaten Indramayu. (tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *