Usulan Anggaran Harus Dioptimalkan Desa

oleh -11 views
DIMANFAATKAN. Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon, Abdul Rohman meminta desa untuk mengoptimalkan penggunaan anggaran bagi kemajuan dan kemandirian pembangunan.
DIMANFAATKAN. Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon, Abdul Rohman meminta desa untuk mengoptimalkan penggunaan anggaran bagi kemajuan dan kemandirian pembangunan.

RAKYATCIREBON.ID – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, Abdul Rohman meminta pemerintah desa (pemdes) mengoptimalkan anggaran untuk usulan pembangunan di desa masing-masing. Agar kedepannya, setiap desa mampu mandiri dari segi perekonomian.

“Saya menginginkan agar setiap pemdes dapat mengoptimalkan anggaran yang ada untuk usulan perencanaan pembangunan,” kata Abdul Rohman, saat menghadiri Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Mundu, Senin (1/2).

Mengingat, tutur politisi PDIP itu, adanya ketentuan undang-undang yang mengatur tentang alokasi dana untuk desa agar lebih maju dan mandiri. Menurut Abdul Rohman, kegiatan pra Musrenbang tingkat kecamatan ini juga, harus direncanakan pada program yang menunjang perekonomian dan peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Agar selaras dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Cirebon. “Untuk program kegiatan pembangunan ke depan pengelolaannya diperuntukkan bagi masyarakat agar lebih meningkatkan SDM dalam mengelola hasil pembangunan nantinya,” ungkap Abdul Rohman.

Sebagai wakil rakyat dari dapilnya itu, Ia mengaku, akan memperjuangkan apa yang menjadi usulan dalam pra Musrenbang. Usulan-usulan yang masuk, akan diprioritaskan sehingga bisa direalisasikan nantinya.

“Kita akan perjuangkan dan mengawal usulan dari tingkat RT, RW, desa dan kecamatan dapat direalisasikan,” kata Anggota Fraksi PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, Camat Mundu, H Anwar Sadat menyampaikan, pihaknya telah merekap beberapa usulan baik fisik maupun nonfisik dari masing-masing desa yang ada di kecamatannya. 

“Pra musrenbang di kecamatan saat ini merupakan penampungan usulan dari para kuwu, lembaga dan instansi terkait baik di tingkat RT, RW, maupun desa,” katanya.

Ia berharap, usulan yang telah dimusyawarahkan dalam pra Musrenbang itu, bisa dikawal dengan baik agar bisa terealisasi. “Saya berharap kepada semua pihak termasuk Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon, untuk dapat mengawal usulan dari tingkat desa dan kecamatan ini,” pungkasnya. (zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *