Unisa Ditetapkan sebagai Kampus Tertib Lalulintas

oleh -3 views

RAKYATCIREBON.ID – Universitas Islam Al-Ihya Kuningan ditetapkan menjadi kampus tertib lalulintas. Penetapan tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya S.IK M.Si dan Rektor Unisa Kuningan Nurul Iman Hima Amrullah S.Ag M.Si.

Selain penandatanganan prasasti, acara yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun Lalulintas Bhayangkara ke-66 tersebut diisi vaksinasi massal bagi mahasiswa dan karyawan Unisa Kuningan, safety riding dan bagi-bagi helm, serta servis motor gratis.

Rektor Unisa Kuningan Nurul Iman Hima Amrullah S.Ag M.Si menyabut baik Kepolisian Resor Kuningan yang memilih Unisa Kuningan sebagai kampus tertib lalu lintas. Menurutnya, penetapan tersebut menjadi motivasi bagi keluarga besar Unisa Kuningan untuk menjaga, memelihara, dan meningkatkan kebiasaan tertib lalulintas, baik di kampus maupun dalam kehidupan sehari-hari.

“Atas nama pribadi dan keluarga besar Unisa Kuningan kami haturkan terima kasih. Penetapan Unisa Kuningan sebagai kampus tertib lalulintas merupakan penghargaan bagi kami. Insyaallah dengan komitmen dan kesadaran seluruh civitas akademika, budaya tertib lalulintas akan terus kami tingkatkan,” kata Iman, Kamis (16/09)

Iman juga menyebutkan, tidak hanya di Cigugur sebagai kampus utama Unisa Kuningan, budaya tertib lalu lintas akan disosialisasikan ke seluruh kampus Unisa Kuningan yang meliputi Kampus Kampus 2 Ciawigebang, dan Kampus 3 Sengkahan. Bahkan, Unisa Kuningan yang saat ini sedang menyiapkan kampus baru di wilayah Cirendang, budaya tertib lalulintas akan menjadi motivasi dan semangat dalam aktivitas sehari-hari.

“Dalam skala yang lebih luas, budaya tertib berlalulintas yang kita mulai dari kampus ini bisa mendukung program Polri, khususnya Polres Kuningan dalam penataan lingkungan tertib dan sadar berlalulintas, serta menekan angka kecelakaan lalulintas,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya S.IK M.Si mengungkapkan, peresmian kampus tertib lalulintas merupakan upaya kepolisian dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas. Dia berharap, dengan berawal dari kampus nilai-nilai kesadaran, kepatuhan dan kedisiplinan lalulintas masyarakat bisa terus meningkat lebih baik sehingga tingkat kecelakaan bisa menurun.

“Organisasi kesehatan dunia mencatat kematian akibat kecelakaan lalulintas menempati posisi ketiga. Artinya masih sangat tinggi. Karena itu, melalui peresmian kampus tertib lalulintas, salah satunya bisa menurunkan angka kecelakaan lalulintas,” harapnya.

Kapolres menambahkan, struktur geografis Kabupaten Kuningan  merupakan pegunungan dan perbukitan, hanya mempunyai satu jalan protokol yang terbagi menjadi dua jalur, 1 jalur naik ke atas dan 1 jalurnya lagi turun ke bawah, sehingga sangat rentan terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Polres Kuningan akan terus melakukan monitoring dan koordinasi dengan Forkopimda Kabupaten Kuningan, Dinas Perhubungan dan Samsat, terkait dengan penyediaan sarana dan prasarana lalu lintas guna menekan jumlah kecelakaan Lalu Lintas,” tambahnya.

Kapolres memberikan apresiasi kepada Kampus Islam Al-Ihya, karena walaupun dalam masa pandemi Covid-19, terus berkreasi dan berprestasi sehingga mampu menjadi salah satu Kampus Tertib Lalu Lintas di wilayah Kab Kuningan.

“Semoga pencapaian ini dapat dijadikan sebagai pioneer dan influencer bagi kampus-kampus lainnya dan masyarakat pada umumnya dalam tertib berlalu lintas di jalan,” pungkasnya.(ale)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.