Total Sudah 4 Korban Ditemukan Tewas, Tim SAR Gunakan 7 Alut Cari 13 ABK

oleh -20 views
EVAKUASI. Korban tewas keempat tabrakan kapal yang berhasil ditemukan Tim SAR tiba di dermaga Pelabuhan Eretan, Kecamatan Kandanghaur. FOTO: TARDIARTO AZZA

RAKYATCIREBON.ID – Hingga Rabu (7/4) siang, jumlah korban tabrakan kapal di perairan Indramayu yang ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa sudah 4 orang. Tim Search and Rescue (SAR) gabungan dengan menggunakan 7 alat utama (alut) masih terus melakukan pencarian terhadap 13 anak buah kapal (ABK) yang sampai saat ini belum diketahui keberadaannya.

Tiga dari 4 ABK yang ditemukan meninggal sudah berhasil diidentifikasi, semuanya warga Kabupaten Indramayu. Yaitu Leman (71) warga Blok Waled RT 02/09, Desa Parean Girang, Kecamatan Kandanghaur, Toreon (80) warga Jalan Mayor Dasuki RT 09/03, Desa Pagirikan, Kecamatan Pasekan, dan Misja (43) asal Blok Song Rt 001/004 Desa Pabean Udik Kecamatan Indramayu.

Sedangkan satu korban meninggal masih dalam proses identifikasi di RS Bahayangkara Losarang. Korban ditemukan pada Selasa (6/4) pukul 17.45 WIB dan tiba di dermaga Pelabuham Eretan pukul 23.00 WIB. “KN SAR Wisnu mengevakuasi satu korban yang berada di sekitar MV Habcoo. Total korban meninggal dunia sebanyak 4 orang dan 13 POB dalam pencarian,” jelas Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah.

Disampaikan, pencarian terhadap 13 POB MV Barokah Jaya terus diupayakan dengan memperluas area pencarian. Bahkan pihaknya menambah jumlah alut yang melakukan pencarian sesuai dengan rencana operasi yang disusun berdasarkan SAR Map Prediction. “Hari ini pencarian dibagi menjadi 5 sektor dengan total jumlah alut yang digunakan sebanyak 7 alut,” sebutnya.

Sektor yang telah dibagi itu, Sektor 1 KP Parkit, KM Tunggal Jaya, dan KM Damar Lautsco melakukan penyisiran dengan luas area pencarian yaitu 118 NM telah bertolak dari Pelabuhan Eretan sejak pukul 05.00 WIB. Sektor 2 KN SAR Wisnu melakukan pencarian dengan luas area pencarian 118 NM sejak pukul 06.00 WIB. Sektor 3 KRI Teluk Bintuni melakukan pencarian dengan luas area pencarian 118 NM. Sektor 4 KRI Cucut melakukan penyisiran dengan luas area 118 NM. Dan sektor 5 RIB 01 Bandung melakukan penyisiran dengan luas area pencarian 89 NM.

“Setiap alut yang melakukan penyisiran melewati area-area pencarian yang sudah disesuaikan dengan SAR Map Prediction berdasarkan arah angin dan arus. Semoga pengerahan alut yang lebih banyak bisa memaksimalkan pencarian terhadap 13 POB MV Barokah Jaya yang hingga saat ini masih dalam pencarian,” tukasnya. (tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *