TNI Dukung Pemkot Cirebon Cegah Covid-19

oleh -4 views
CEGAH COVID. Dandim 0614/ Kota Cirebon, Letkol Inf Herry Indriyanto menginstruksikan jajarannya terlibat aktif cegah penularan Covid-19. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Melihat kondisi pandemi yang belum bisa dikendalikan, ditambah lagi penambahan kasus terkonfirmasi positif yang masih tinggi, pemerintah bersama unsur terkait, termasuk TNI-Polri makin gencar melakukan upaya pencegahan.

Para prajurit TNI di lingkungan Kodim 0614/ Kota Cirebon pun terus memaksimalkan upaya bersama dengan Pemkot Cirebon.

Hingga saat ini, Kodim 0614/ Kota Cirebon terus melakukan pembinaan, pengawasan, testing sampai upaya treatment dengan melibatkan aparat terkait.

“Untuk penanganan Covid, selama ini secara umum, kita mendukung langkah-langkah pencegahan yang dilakukan pemkot,” ungkap Dandim 0614/Kota Cirebon, Letkol Inf Herry Indriyanto.

Guna memaksimalkan upaya pencegahan, pemerintah terus menerbitkan kebijakan-kebijakan semi karantina, mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hingga yang terbaru adanya ketentuan untuk melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro hingga tingkat RT dan RW.

Di Kota Cirebon, unsur TNI pun ikut membantu pelaksanaan PPKM skala mikro, dengan menerjunkan personelnya bersama dengan unsur kepolisian. “Saat ini kita fokus penanganan di tingkat RT, karena kita lakukan pendataan lalu pembinaan,” lanjut Herry.

Dengan berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19, dan dengan dukungan TNI, Herry mengharapkan semua bisa dilaksanakam dengan maksimal sehingga juga bisa melahirkan hasil yang maksimal.

“Harapan kita, PPKM hingga tingkat RT dam RW itu membuat pencegahan lebih fokus,” ujar Herry.

Pada PPKM berskala mikro ini, dijelaskan Herry, di setiap kelurahan sudah ada personil Babinsa yang melakukan pendampingan.

Di luar itu, Kodim 0614/ Kota Cirebon, juga melakukan pendataan wilayah, sehingga kebutuhan personil akan disesuaikan dengan kondisi zona serta banyaknya pendudukn di suatu wilayah.

Bahkan, jika membutuhkan personel tambahan, unsur TNI akan didukung oleh personel dari satuan TNI AL maupun TNI AU.

“Untuk personel, satu babinsa satu kelurahan, kita melihat jumlah penduduk, jika banyak, nanti di back up dari TNI AU dan AL,” jelas Herry.

Ditambahkan Herry, selain pembinaan dalam pelaksanaan PPKM berskala mikro, unsur TNI juga terus fokus dalam upaya edukasi dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

Pasalnya, saat ini protokol kesehatan yang maksimal masih diharapkan menjadi upaya utama dalam penekanan laju kasus Covid-19.

“Mereka membantu penegakan protokol, itu utamanya, saat ini sasarannya bukan lagi edukasi, tapi sampai ke penegakan,” tambah Herry. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.