Tingkatkan Minat Baca, Disarpus Gelar Lomba Bercerita

oleh -22 views
Kepala Bidang Pembinaan Disarpus, Hj R Kania Agustina SKM
Kepala Bidang Pembinaan Disarpus, Hj R Kania Agustina SKM

RAKYATCIREBON.ID – Ada beragam cara dilakukan, untuk menumbuhkembangkan potensi peserta didik. Diantaranya, melalui perlombaan.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Cirebon pun hadir menjadi inisiatornya.

Rencananya, Disarpus akan menggelar lomba bercerita bagi pelajar SD/MI se Kabupaten Cirebon. Dilakukan secara daring, dengan mengusung tema, Babad Cirebon. Pendaftaran sendiri sudah dibuka, Senin lalu (5/4), dan akan dibuka sampai Sabtu (23/4).

Kondisi pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyebab pelaksanaan secara daring. Disamping itu, sebagai upaya mengisi kegiatan bagi peserta didik, ditengah tak adanya proses KBM Tatap Muka yang terlalu lama.

Kepala Bidang Pembinaan Disarpus, Hj R Kania Agustina SKM menyampaikan,  acara tersebut merupakan agenda rutin tahunan, yang di informasikan melalui Dinas Pendidikan. Namun, mengingat berlangsungnya pandemi covid-19 pihaknya hanya menginformasikan melalui akun media sosial (Medsos) milik Disarpus, seperti Facebook dan Instagram.

“Di tahun sekarang melalui sosmed, diharapkan banyak informasi yang bisa disebar luas terlebih di masa Pandemi ini untuk menggali kemampuan anak dalam bakat bercerita. Untuk maksimal kelas 4 SD, karena salah satu persyaratan juga untuk para pemenang di kabupaten akan kami kirim di tingkat provinsi,” katanya, kemarin.

Ada tiga judul yang dapat di akses oleh para peserta. Saat mendaftar diharapkan para peserta sekaligus mengirimkan video ceritanya. Karena, prosesnya penilaian akan langsung dilakukan.

“ Dalam hal penilaian ranahnya dari dinas kearsipan. Dan untuk juri ada unsur Disdik dan kebudayaan (Disbudparpora),” ujarnya.

Ia menjelaskan, pada saat bercerita, peserta diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia. Karena, pemenangnya akan diikut sertakan pada lomba serupa di tingkat Provinsi Jawa Barat, mewakili Kabupaten Cirebon.

“Jumlah peserta tidak dibatasi pendaftaran silahkan sebanyak-banyaknya karena nanti ada juri yang akan menyeleksi,” katanya.

Pihaknya memberikan jangka waktu pendaftaran cukup panjang. Bagi peserta diharuskan mendapat ijin atau rekomendasi dari kepala sekolah setempat. Sehingga, nantinya peserta mendapatkan bimbingan terlebih dahulu dari para guru disekolahnya.

Kegiatannya itu, diharapkan dapat meningkatkan budaya gemar membaca terutama anak SD.  Melalui lomba bercerita sekaligus menggali khasanah tentang babad Cirebon.

“ Mereka mengenal dan mendorong dan mencari tahu terkait Babad Cirebon dengan membaca buku,” kata dia.

Adapun syarat dan ketentuannya pendaftar adalah siswa kelas 4 SD/MI negeri dan swasta. Kemudian membuat video cerita, durasi maksimal 10 menit. Memilih cerita yang telah disediakan melalui link http://bit.ly/naskahcerita, melampirkan biodata melalui link http://s.id/Biodatapesertalomba, dan surat rekomendasi dari kepala sekolah melalui link http://s.id/Suratrekomendasi, serta mendaftarkan diri melalui link http://bit.Iy/lombaceritacirebonkab2021. (zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *