Tes GeNose Hadir di Stasiun Jatibarang

oleh -46 views
SAMPLE GENOSE TEST. Para calon penumpang melakukan GeNose C-19 tes untuk memenuhi persyaratan perjalanan KA jarak jauh.
SAMPLE GENOSE TEST. Para calon penumpang melakukan GeNose C-19 tes untuk memenuhi persyaratan perjalanan KA jarak jauh.

RAKYATCIREBON.ID – Selain di Stasiun Kejaksan dan Cirebon Prujakan, terhitung sejak akhir Maret lalu, PT KAI juga sudah menghadirkan layanan pemeriksaan GeNose C-19 di Stasiun Jatibarang. Langkah tersebut sebagai upaya mempermudah para calon penumpang untuk mendapatkan surat bebas Covid-19, sebagai persyaratan calon penumpang KA Jarak Jauh.

Layanan ini terselenggara atas kerja sama antara PT KAI Daop 3 Cirebon bersama PT Indofarma, dengan jam pelayanan dimulai dari pukul 09:00 sampai 18:00 WIB.

“Ketika akan menggunakan layanan KA jarak jauh, calon penumpang harus memiliki surat bebas Covid-19. Dan sejak 30 Maret 2021, di Stasiun Jatibarang telah hadir layanan Tes GeNose C-19 dengan tarif 30 ribu,” ungkap Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, kemarin.

Hadirnya layanan GeNose C-19 di Stasiun Jatibarang, lanjut dia, diharapkan bisa menjadi alternatif bagi para penumpang. Karena sebelumnya, di stasiun tersebut sudah hadir layanan Rapid Test Antigen.

“Nantinya para penumpang bisa memilih antara layanan GeNose atau layanan Rapid Test Antigen untuk mendapatkan surat bebas Covid-19,” lanjut Suprapto.

Dengan penambahan ini, total sudah ada tiga stasiun di Wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, yang melayani pemeriksaan dengan metode GeNose C19. Yakni Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang.

Namun demikian, terhitung mulai tanggal 01 April lalu, sudat bebas Covid-19 dari hasil negatif tes GeNose C-19 hanya berlaku 1 x 24 jam. Artinya, sekarang para calon penumpang KA Jarak Jauh yang menggunakan hasil pemeriksaan GeNose C-19 sebagai syarat perjalanan, diharuskan dapat menunjukkan hasil negatif pemeriksaan yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

“Dalam aturan sebelumnya, kan yang berlaku pengambilan sample bisa dalam waktu 3 x 24 jam. Sejak satu April hanya satu hari, atau 1 x 24 jam,” jelasnya.

Perubahan aturan tersebut, kata dia, menyesuaikan dengan terbitnya Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 12 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 27 Tahun 2021.

Sejak diluncurkan pada tanggal 15 Februari 2021 lalu, sampai tanggal 31 Maret 2021 kemarin, dari data yang ada menunjukkan, bahwa calon penumpang yang mengunakan layanan GeNose di Stasiun Cirebon sudah mencapai angka 12.057 orang.

Untuk di Stasiun Cirebon Prujakan, sejak dilaunching tanggal 20 Maret 2021, sampai 31 Maret 2021 tercatat sudah ada 1.850 calon penumpang yang menggunakan layanan GeNose tes. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *