Talun Ngangeni Harus Disupport

oleh -55 views
Komitmen Luthfi, mendorong Pemkab memprioritaskan kawasan pariwisata di Talun
Komitmen Luthfi, mendorong Pemkab memprioritaskan kawasan pariwisata di Talun

RAKYATCIREBON.ID – Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, HM Luthfi MSi mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, agar konsep Talun Ngangeni diprioritaskan. Menjadi kawasan khusus pariwisata.

“Talun Ngangeni ini harus didorong oleh Pemkab menjadi kawasan ekonomi khusus pariwasata di Kabupaten Cirebon,” kata Luthfi, dalam kegiatan Diskusi Publik di Kantor Kecamatan Talun, Kamis (2/12).

Wilayah Kecamatan Talun dengan semua potensi dan rencana besar yang sudah disusun, sangat menjual serta layak untuk diempowering atau diberdayakan oleh Pemkab Cirebon. Adapun bentuk penguatannya, pertama dari sisi regulasi harus berpihak pada pengembangan pariwisata di Kecamatan Talun. 

“Jalan Kedawung-Warung Asem, Soekarno-Hatta dan Cakrabuana harus ditingkatkan, karena sebagai akses masuk utama masyarakat dan wisatawan masuk ke Talun,” katanya.

Kedua, lanjut dia, revitalisasi destinasi yang pertama menyiapkan jalan Soekarno-Hatta sebagai poros atau jalan utama wisata di Talun. Tetapi harus memastikan dari pihak Kecamatan Talun konsepnya matang dulu dan Pemkab harus menyinkronkannya.

“Kemudian, terkait dengan wisata religi Makam Mbah Kuwu Sangkan juga sangat menjual. Tetapi kalau aksesibilitasnya tidak baik, tentu tidak akan mendukung untuk berkembang,” katanya. 

Sementara itu, Camat Talun, H Abadi menyampaikan, untuk mewujudkan Talun Ngangeni sebagai destinasi wisata perlu ada dukungan dari semua pihak. Terutama semua pimpinan yang ada di eksekutif maupun legislatif.

“Dan dari hasil diskusi publik tadi Alhamdulillah ada titik terang dan tadi ketua sangat mendukung untuk menjadikan Talun menjadi kawasan destinasi wisata di Kabupaten Cirebon,” katanya.

Ia juga berharap, agar terwujudnya Talun Ngangeni sebagai destinasi wisata, semua permasalahan dan kekurangan seperti  aksesibilitas harus mendukung dan perlu dibenahi. Targetnya tidak ada jalan berlubang. Semua harus mulus.

“Kita memaksimalkan anggaran yang ada dulu. Adapun untuk pelebaran jalan jaraknya kan terlalu jauh. Kami mengharapkan, dari semua dinas terkait untuk mewujudkan Wisata Talun Ngangeni ini bareng-bareng mendukung,” pungkasnya. (zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.