Stok Bahan Pokok Aman Hingga Lebaran, Bulog Tak Bisa Intervensi Harga

oleh -3 views
AMAN. Pemimpin Cabang Perum Bulog Cirebon, Ramadin Ruding memastikan stok bahan pokok aman sampai Lebaran. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Meski dari segi harga masih fluktuatif naik turun, namun Bulog memastikan stok bahan-bahan pokok selama Ramadan aman. Bahkan sampai Hari Raya Idul Fitri nanti.

Pemimpin Cabang Perum Bulog Cirebon, Ramadin Ruding mengungkapkan, Bulog masih memiliki banyak stok dari beberapa komoditas bahan pokok.

Komoditas yang dipastikan Bulog akan aman sampai Lebaran, seperti beras, daging, sarden, tepung terigu, gula pasir, beras premium, daging sapi serta minyak. “Stok cukup, kita pastikan selama Ramadan dan Lebaran,” ungkap Ramadin.

Mengenai fluktuasi harga, lanjut Ramadin, Bulog tidak bisa intervensi harga di pasar. Namun di Bulog ada kebijakan, bahwa harga yang ditetapkan akan stabil, tergantung kondisi harga di pasar.

Saat harga di pasar tinggi, Bulog menetapkan harga di bawah, termasuk jika harga di pasar menurun, maka harga di Bulog akan tetap. Sehingga akan terasa lebih tinggi, karena saat harga di pasar tinggi maupun rendah, Bulog tetap memasang harga yang sama.

“Kita standarkan harga, stabilkan harga. Meskipun harga di pasaran naik turun, fluktuatif, harga di kita tetap,” lanjutnya.

Terlebih untuk stok beras, dijelaskan Ramadin, Bulog Cirebon memiliki beberapa gudang di wilayah kerja yang mencakup Kabupaten Kuningan, Majalengka, Kabupaten dan Kota Cirebon.

Kapasitas dari keseluruhan gudang Bulog Cirebon pun mencapai 111.000 ton, dan stok beras yang ada, masih sekitar 75 ribu ton. Sehingga stok dipastikan aman hingga akhir tahun 2021.

“Stok kita banyak. Bahkan tidak berbanding antara pengeluaran dan pemasukan. Ada sekitar 75 ribu ton dari kapasitas gudang 111.000 ton. Tapi saya terangkan, peran Bulog stabilisasi harga, baik di tingkat produsen maupun konsumen,” kata Ramadin.

Sebelumnya, Kepala Bidang Distribusi dan Ketersediaan Pangan Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon, Sumarni memastikan, meski kebutuhan bahan pangan pokok memasuki bulan Ramadan meningkat, namun ketersediaan pasokan bahan pokok tetap aman.

Berdasarkan survei di seluruh pasar tradisional dan supermarket di Kota Cirebon, ketersediaan bahan makanan pokok di Kota Cirebon malah surplus. Di antaranya beras, jagung, bawang merah, bawah putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging ayam, telur ayam, gula pasir, dan minyak goreng. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.