Selama Hidup, Almh Utje Penuh Perhatian

oleh -11 views
Beri Prestasi Gemilang untuk Kabupaten Kuningan

KUNINGANSepulangnya almarhumah Bupati Kuningan Hj Utje Ch Suganda SSos MAP, Kamis (7/4) sore, Kuningan benar-benar berduka.

Almh Hj Utje Ch Suganda
Almh Hj Utje Ch Suganda saat menggendong bayi warga Kuningan. Doc. Rakyat Cirebon

Di hampir setiap pelosok desa, banyak masyarakat yang merasa kehilangan sosok Bupati perempuan yang penuh perhatian ini.

Perjalanan karir istri H Aang Hamid Suganda SSos yang juga pernah menjabat Bupati Kuningan selama 2 periode itu, semakin menanjak kala Utje dilantik menjadi Bupati Kuningan periode 2013-2018 bersama pasangannya Wabup H Acep Purnama SH MH oleh Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan di Gedung DPRD, 4 Desember 2013 silam.

Banyak penghargaan dari pemerintah pusat serta lembaga lainnya yang diberikan kepada Utje selama almarhumah menjabat Bupati.

Dalam hal perhatiannya terhadap masyarakat Kuningan, tanpa mengenal lelah Utje selalu turun ke desa-desa untuk melihat langsung kondisi nyata di lapangan.

Tak hanya turun dan meninjau, Utje juga memberikan bantuan untuk meringankan beban hidup warga yang benar-benar ia anggap membutuhkan bantuan dan perhatian pemerintah.

Seakan tidak pernah mengeluh dengan padatnya jadwal yang diberikan pihak protokoler Setda, Ibu 5 anak ini selalu bersemangat dan tegas dalam menjalankan tugasnya sebagai Bupati.

Bahkan saking perhatiannya terhadap siapapun dengan naluri keibuannya, Utje sering menyebut dirinya dengan sebutan Bunda.Karena ia menganggap dirinya merupakan Ibu dari warga Kuningan.

Wanita kelahiran Bogor, 17 April 1952 tersebut, diajukan satu paket bersama Acep Purnama oleh PDIP untuk maju pada Pilkada Kuningan 2013 dengan mengusung pasangan Utama (Utje-Acep Purnama). Pasangan ini sukses mengalahkan 3 pasangan Calon Bupati dan Wabup lainnya.

Sebelum menjabat Bupati pun, almarhumah sudah berkiprah di Kuningan mendampingi Sang Suami H Aang hamid Suganda yang kala itu sukses memimpin Kuningan sebagai Bupati 2 periode berturut-turut.

Utje sangat dekat dengan berbagai kalangan, terutama kalangan Nahdliyin karena dirinya menjabat Ketua Muslimat NU.

Berbagai penghargaan pun diraih Utje saat dirinya menjabat Bupati sejak 2013 silam.

Diantaranya, selaku Ketua LKKS Kabupaten Kuningan, Utje menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai Ketua Relawan Sosial Terbaik se Jawa Barat dalam acara Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tahun 2014 di Gedung Sate Bandung, Desember 2014.

Sebelumnya, pada tahun 2013 sesaat dirinya dilantik, tepatnya pada 12 Desember 2013, Bupati Utje menerima anugerah penghargaan Parahita Ekapraya (APE) tingkat Pratama Nasional dari Presiden RI.

Karena dinilai mengusung pengarusutamaan gender (PUG), pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak pada kebijakan pemerintahan.

Pada Januari 2014, Utje menerima anugerah penghargaan Amal Bhakti Bidang Pendidikan Agama dan Bidang Pendidikan Keagamaan bagi Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota.

Penghargaan tersebut diberikan sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 227 tanggal 13 Desember 2013 tentang Penetapan Penerima Penghargaan Apresiasi Pendidikan Islam (API).

Kemudian telah membuat Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) terbaik, Utje berhak mendapatkan anugerah penghargaan Pangripta Nusantara Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2014.
Bahkan pada April 2015, Bupati Utje meraih Kartini Award dari Radar Cirebon.

Apresiasi tersebut diberikan atas kepeduliannya terhadap kaum perempuan di Kabupaten Kuningan.

Kemudian juga, berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara, dengan kepemimpinan Utje Kabupaten Kuningan sebagai suatu badan publik yang mampu menyajikan sistem pengelolaan keuangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga berhak mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Hal tersebut ditandai dengan diterimanya Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2014 dengan predikat WTP yang diserahkan oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Ir Cornell S Prawiradiningrat MM kepada Bupati Kuningan Hj Utje Ch Suganda, Senin 1 Juni 2015 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Jalan Moch Toha No. 164, Bandung.

Selain itu banyak lagi penghargaan yang diraih almarhumah yang saat ini sudah menjadi kenangan bagi masyaarakat Kuningan. (muh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.