Sektor Pariwisata Mulai Siuman, Goa Sunyaragi Buka, Terapkan Prokes Ketat

oleh -11 views
WISATAWAN DOMESTIK. Para wisatawan domestik mulai meramaikan Taman Air Goa Sunyaragi (TAGS). FOTO: HUMAS TAGS/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Di tengah larangan mudik yang diberlakukan pemerintah pada masa Lebaran Idul Fitri tahun 2021, sektor pariwisata relatif lebih diberikan relaksasi. Masih boleh beroperasi, dengan catatan penerapan protokol kesehatan secara ketat oleh manajemen tempat wisata. Terbukti, sempat kritis, kini sejumlah tempat wisata kembali merangkak. Meski baru untuk siuman.

Di Kota Cirebon, salah satunya terlihat di Taman Air Goa Sunyaragi (TAGS). Dengan penerapan prokes ketat, para pengunjung masih bisa menikmati wisata alam terbuka dan sejarah di areal Goa Sunyaragi. Pada bagian akses masuk, para pengunjung dicek suhu tubuhnya. Mereka juga diwajibkan cuci tangan dan mengenakan masker.

Kepala Bagian Humas Badan Pengelola TAGS, Eko Ardi Nugraha menjelaskan, pihaknya selalu mengingatkan pengunjung untuk menerapkan prokes saat berwisata di objek wisata yang dikelola Keraton Kasepuhan ini.

“Kami selalu ingatkan kepada pengunjung untuk menjaga protokol kesehatan, sebelum masuk ke area goa. Para pemandu juga selalu memakai masker dan menjaga jarak dengan para pengunjung sesuai anjuran pemerintah,” kata Eko, Minggu (16/5).

Mengenai jumlah pengunjung, Eko menyebutkan, mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun lalu, saat virus corona sedang santer-santernya mewabah di Indonesia. “Ada peningkatan (jumlah) pengunjung, tapi tidak banyak. Karena masih dalam kondisi pandemi,” ujarnya.

Dibeberkan Eko, jumlah pengunjung Goa Sunyaragi pada Hari Raya Idul Fitri, Kamis (13/5), sebanyak 61 orang. Berikutnya, pada Jumat (14/5) sebanyak 310 orang dan Sabtu (15/5) sebanyak 298 orang. “Pengunjung pada hari ini (kemarin, red) juga diperkirakan tidak jauh berbeda dari hari sebelumnya,” kata Eko.

Tahun lalu, pada perbandingan hari yang sama saat dan pascalebaran, jumlah pengunjung kurang dari 100 orang. Padahal, sebelum pandemi Covid-19 melanda pada 2020, jumlah wisatawan di TAGS selalu tinggi, mencapai ribuan pengunjung jika musim libur Lebaran. Objek wisata TAGS sendiri beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Harga tiket masuk sebesar Rp15 ribu per pengunjung.

Sementara itu, salah seorang pengunjung TAGS, Hasanudin mengaku berwisata ke TAGS sudah direncanakan beberapa hari sebelumnya. Ia bersama istri ingin memberitahukan kepada kedua anaknya mengenai Goa Sunyaragi.

“Kita orang Cirebon harus tahu Goa Sunyaragi. Anak-anak kita juga harus tahu. Sejarahnya seperti apa dan lainnya, itu kan dijelaskan oleh pihak pemandu wisata di sini,” kata warga asal Palimanan, Kabupaten Cirebon itu. (jri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.