Sekjen PMI Ingatkan Potensi Donor Fatigue

oleh -1 views
WASPADA. Sekjen PMI, Sudirman Said SE MBA menyampaikan kekhawatiran potensi donor fatigue imbas Covid-19 yang mewabah seluruh dunia dalam waktu bersamaan. FOTO: SUWANDI/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Dalam kunjungannya ke Kota Cirebon, Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (Sekjen PMI), Sudirman Said SE MBA memperingatkan ada potensi donor fatigue (kelelahan berdonor). Hal ini diakibatkan wabah virus Corona yang menjangkit banyak negara di dunia.

Menurut Sudirman, fenomena donor fatigue disebabkan wabah Corona menjangkiti belahan bumi dalam waktu bersamaan. Sehingga, negara-negara maju yang aktif menjadi donatur tatkala ada wabah atau bencana di negara lain, malah sibuk menggalang donor untuk warganya sendiri.

“Karena dulu waktu ada gempa Aceh, Palu, Jogja bahkan India dan Jepang, datanglah rombongan relawan seluruh dunia ikut menyumbang. Dulu bencana selesai, seminggu kemudian bantuan datang. Tapi sekarang bencananya (Covid-19) datang berbarengan,” ujar Sudirman usai meresmikan gedung baru PMI Kota Cirebon, Minggu (10/10).

Sudirman melanjutkan, donor fatigue belum sepenuhnya terjadi. Menurutnya, situasi di tengah wabah Covid-19 perlahan mulai membaik, seiring dengan makin banyaknya vaksinasi. Namun begitu, pihaknya mengimbau stakeholder penanganan Covid-19 melakukan antisipasi.

“Fenomena yang harus diwaspadai kalau-kalau akibat Covid-19 ini, para pendonor, para penyumbang, para donatur itu mengalami kelelahan karena semuanya bergerak mengatasi Covid-19. Tapi itu belum terjadi, Itu hanya kekhawatiran,” jelas Sudirman.

Di sisi lain, PMI Pusat bersama TNI-Polri terus menyalurkan vaksinasi. Hingga saat ini, kata Sudirman,  total vaksin yang sudah disalurkan mencapai 140 juta dosis atau sudah 60 persen dari target. “Tapi kita syukuri negara kita cukup cepat (salurkan vaksin),” kata dia.

Dijelaskan Sudirman, PMI masih aktif melakukan penyaluran dua juta dosis vaksin tambahan saat ini. Bahkan, Sudirman menawarkan vaksin tambahan kepada Kota Cirebon jika membutuhkan. “Bila Kota Cirebon ada kesiapan dan ada kebutuhan, silakan kontak Bidang Kesehatan PMI,” tegas mantan Menteri ESDM itu. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.