Sekda Minta SKPD Tingkatkan Capaian Kepatuhan Dan Pelayanan

oleh -3 views

RAKYATCIREBON.ID – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar Kick of meeting evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), dan Zona Integritas (ZI) tahun 2021 secara daring bersama seluruh instansi pemerintah (kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah) yang akan dilakukan evaluasi dalam waktu dekat ini.

Untuk Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam Kick of meeting ini, dipimpin langsung Sekda Kuningan Dr Dian Rachmat Yanuar M.Si didamping Inspektur Drs Deniawan M.Si dan Kepala Bagian Organisasi, Erni Marpuah Jamilah Ss, hadir Kepala SKPD dan lainnya. Bertempat di Aula Rapat Inspektorat Kabupaten Kuningan. Rabu (18/8).

Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Apartatur, dan Pengawasan menjelaskan, rangkaian evaluasi ini merupakan upaya memastikan berbagai program reformasi birokrasi yang dirancang Kementerian PANRB berjalan sesuai rencana.

“Kita ingin memastikan program-program reformasi birokrasi berjalan sesuai dengan yang diharapkan sehingga mampu mewujudkan birokrasi yang bersih, kompeten, dan melayani. Selamat bekerja bagi para evaluator, jaga integritas, semoga rangkaian evaluasi dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sekda Kuningan Dr Dian Rachmat Yanuar M.Si memberikan arahan, sebagai tindak lanjut dari kegiatan kick off meeting ini, kepada seluruh SKPD yang hadir agar mempersipakan pelaksanaan evaluasi yang akan dilaksanakan melalui Desk dan pendalaman yang akan dilakukan secara virtual.

“Untuk seluruh SKPD agar segera membangun pelaksanaan zona integritas di lingkungannya masing-masing, dan Inspektorat agar segera melakukan evaluasi pelaksanaan zona integritas serta melakukan pencanangan melalui penandatanganan komitmen serta penandatanganan fakta integritas,” katanya.

Sekda menambahkan, untuk Dinas Arsiparis dan Perpustakaan agar meningkatkan nilai capaian kualitas pengelolaan arsip, Bagian Pengadaan Barang dan jasa capaian kualitas pengelolaan Pengadaan Barang Jasa (PBJ), BKPSDM capaian profesionalitas ASN. Dan Inspektorat capaian Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Ia menambahakan, Inspektorat untuk mempersiapkan dokumen (hard/soft copy) pendukung tentang progres capaian reformasi birokrasi hasil penilaian mandiri Tingkat Kabupaten. Dan Bagian Organisasi Setda terkait dokumen pendukung (hard/soft copy) tentang SAKIP tingkat Kabupaten.

Dan untuk SKPD pelayanan publik, diantaranya Disdukcapil, DPMPTSP, RSUD 45, RSUD Linggajati dan lainnya, untuk  meningkatkan capaian kepatuhan terhadap standar pelayanan penyelenggara pelayanan.

“Untuk itu mari kita tetap semangat serta terus berkomitmen dan berupaya dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik di Kabupaten Kuningan ini melalui peningkatan penilaian pelaksanaan RB, SAKIP dan ZI,” pungkasnya.(ale)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.