Segera Soft Opening, Rumput Alun-alun Kejaksan Belum Bisa Langsung Diinjak

oleh -93 views
Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon

RAKYATCIREBON.ID – Pemkot Cirebon berencana menggelar soft opening Alun-alun Kejaksan pada Senin mendatang. Perapian terhadap beberapa titik di areal alun-alun terus dilakukan. Agar ketika soft opening sudah siap.

“Insya Allah hari Senin (lusa) akan soft opening, sambil juga dilakukan penyempurnaan-penyempurnaan, sebelum nantinya grand opening,” ungkap Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH saat meninjau langsung Alun-alun Kejaksan, Jumat (9/4).

Azis mengakui, hasil revitalisasi Alun-alun Kejaksan sudah sesuai perencanaan, sebagaimana tertuang dalam Detile Engineering Design (DED). Namun pihaknya akan menambahkan beberapa item fasilitas pendukung di sana.

“Tinggal nanti setelah serah terima dari kontraktor ke Pemkot Cirebon, kita akan mempercantik lagi kawasan Alun-alun Kejaksan ini sebagai destinasi wisata ruang terbuka hijau dan religi, karena di dekatnya ada Masjid Raya Attaqwa,” tuturnya.

Diakui Azis, masih ada beberapa fasilitas yang perlu ditambahkan. Misalnya spot untuk swafoto, agar semakin menarik minat masyarakat berkunjung ke alun-alun.

“Di sini sebagian besar dasarnya rumput, yang belum bisa diinjak, apalagi untuk pasang tikar, maka harus ada daya tarik lain. Misalnya, apakah ada air mancur warna-warni atau lainnya yang bisa jadi spot swafoto,” katanya.

Mengenai pemanfaatannya, disebutkan Azis, selain sebagai tempat terbuka, fungsi untuk upacara juga masih bisa. Namun demikian, Pemkot Cirebon akan melarang pedagang kaki lima (PKL) berjualan di areal alun-alun.

“Tidak ada PKL, karena nantinya akan ditempatkan di titik-titik yang disediakan. Termasuk parkir juga akan dilarang pada radius tertentu di Jalan Siliwangi dan Kartini, karena di alun-alun sudah ada basement,” jelasnya.

Keberadaan beberapa kios di alun-alun, direncanakan untuk para pelaku UMKM di bidang kerajinan khas Cirebon. “Tempat seperti kios ini rencananya akan ditempati pelaku UMKM, terutama yang produk kerajinan,” katanya.

Sementara itu, Sekda Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi mengakui, pihaknya terus melakukan persiapan dan pemantapan menjelang soft opening Alun-alun Kejaksan. “Kita persiapkan sebaik mungkin untuk soft opening sampai nanti grand opening,” kata dia. (jri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *