Sebagian Besar Pasien Meninggal di RS

oleh -2 views
DATA. Statistik kasus Covid-19 di Kabupaten Majalengka. Data diambil dari update terakhir, Kamis (15/7) pukul 12.15 WIB. Sumber: COVID19.MAJALENGKAKAB.GO.ID

RAKYATCIREBON.ID – Penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Majalengka masih tergolong tinggi. Berdasarkan data pada Rabu (14/7) penambahan kasus di kota angin ini berjumlah 140 kasus.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan Majalengka, Agus Susanto mengatakan, penambahan kasus Covid-19 berasal dari sejumlah kecamatan se-Kabupaten Majalengka.

Pihaknya saat ini merasa kesulitan melacak penyebaran Covid-19 yang semakin hari makin bertambah. “Kami terus berupaya agar bisa menekan angka penambahan kasus Covid-19. Salah satunya, terus mengimbau agar masyarakat taat prokes,” ujar Agus kepada Rakyat Cirebon, Kamis (15/7) .

Menurutnya, Kecamatan Jatiwangi menjadi daerah penyumbang terbanyak untuk saat ini. Disusul dengan Kecamatan Dawuan 17 kasus dan Jatitujuh 16 kasus.

“Kecamatan Jatiwangi menyumbang 29 kasus dalam sehari. Ini rekor untuk kecamatan tersebut,” ucapnya.

Dengan adanya penambahan yang mencapai 140 kasus ini, jumlah kasus di Majalengka dari awal pandemi yakni 8.644. Adapun, saat ini warga yang masih menjalani isolasi mandiri, berjumlah 2.067 orang. Sementara, yang meninggal dunia 558 orang.

“Untuk warga yang sempat terkonfirmasi hingga akhirnya sembuh berjumlah 6.090 orang,” jelas dia.

Lebih jauh Agus menyampaikan, untuk warga yang kini masih dirawat di RSUD Majalengka ada 28 pasien. Sementara, 23 pasien sedang dirawat di RSUD Cideres. Dan yang dirawat di luar Majalengka berjumlah 5 orang.

Sementara itu, stok kebutuhan oksigen di Kabupaten Majalengka diklaim aman. Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka mengakui bahwa saat ini kasus Covid-19 melonjak dan kebutuhan oksigen meningkat.”Untuk saat ini masih cukup. Hanya pengirimannya saja yang kini meningkat,’’ ujar Agus.

Dia menuturkan, pengiriman oksigen dari PT Samator untuk dua RSUD di Kabupaten Majalengka, yakni RSUD Majalengka dan RSUD Cideres, semula dilakukan sepekan sekali. Namun kini, pengiriman dilakukan dua hari sekali.

Agus tidak menyebutkan jumlah kebutuhan maupun pasokan oksigen ke dua RSUD tersebut. Dia hanya menyebutkan, pasokan oksigen itu dalam bentuk liquid. “Kita tidak pakai tabung, tapi pakainya yang liquid,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, saat ini, terdapat 28 pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di RSUD Majalengka. Sedangkan di RSUD Cideres, tercatat ada 23 orang yang menjalani perawatan.

Selain itu, ada lima warga Majalengka yang dirawat di rumah sakit di luar wilayah Majalengka. Sementara untuk total kasus terkonfirmasi positif mencapai 8.504 kasus dengan 6.005 kasus sembuh dan 551 meninggal dunia.

Selain 56 orang yang menjalani perawatan di RS, sebanyak 1.892 orang lainnya menjalani isolasi mandiri. Adapula 6.005 pasien yang sudah sembuh dan 551 pasien lainnya yang meninggal dunia.

Khusus jumlah pasien yang meninggal itu, mengalami penambahan 20 orang dibandingkan sehari sebelumnya.

Agus mengakui, penambahan jumlah pasien yang meninggal cukup banyak. Dia mengatakan, sebagian besar pasien Covid-19 meninggal di rumah sakit (RS).”Kebanyakan punya komorbid,’’ pungkasnya.(hsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.