Samsat Drive Thru Ada di Inbar, Bupati Pastikan Banyak Kelebihan

oleh -7 views
LAUNCHING. Bupati Indramayu Nina Agustina meluncurkan program layanan Samsat Drive Thru di Kecamatan Haurgeulis. FOTO: TARDIARTO AZZA

RAKYATCIREBON.ID – Guna memaksimalkan penyelenggaraan pelayanan publik dalam rangka meningkatkan pembayaran pajak kendaraan bermotor, kini Samsat Drive Thru tersedia di wilayah barat Kabupaten Indramayu. Bupati Nina Agustina memastikan banyak kelebihan dari pelayanan tersebut.

Disampaikan bupati, inovasi pelayanan publik yang resmi diluncurkannya pada Senin (7/6) siang itu, merupakan bagian dari upaya mendekatkan pelayanan dan mempermudah proses pembayaran pajak kendaraan bermotor. Sehingga dengan adanya pelayanan Samsat Drive Thru di Samsat Haurgeulis tersebut dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Samsat Drive Thru mempunyai banyak kelebihan bagi masyarakat, mulai dari segi efektivitas dan efisiensi waktu pelayanan, kemudahan pembayaran, akuntabilitas keuangan, transparansi biaya dan persyaratan serta jaminan kepastian pelayanan,” jelasnya saat peluncuran layanan di Kantor Kecamatan Haurgeulis, kemarin.

Dengan layanan itu, kedepan masyarakat tidak lagi ada alasan malas untuk membayar pajak. “Masyarakat sebagai wajib pajak hanya langsung datang ke Samsat Haurgeulis dengan membawa persyaratan menuju loket yang tersedia tanpa harus turun dari kendaraannya,” terangnya.

Menurut Bupati Nina, dengan keberadaan Samsat Drive Thru juga akan mampu menghilangkan tindak kecurangan, baik para calo atau unsur lainnya. Sehingga sejalan dengan visi Indramayu Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat (Bermartabat). Serta slogan Polri yaitu Prediktif, Responsibilitas, Transparan dan Berkeadilan (Presisi).

Pada kesempatan itu, Kepala Bapenda Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko mengatakan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak telah dilakukan perjanjian kerjasama antara Bapenda Jawa Barat dan bupati atau walikota. Langkah ini dilakukan dalam sinergitas pemungutan pajak kendaraan bermotor dan PBB, serta program inovasi Samsat Drive Thru yang menjadi bagian program Kapolri.

Disebutkan Hening, program Samsat Drive Thru memiliki konsep Informasi Teknologi (IT) yang sudah diterapkan. Juga kemudahan yang diyakini menjadi harapan bagi masyarakat sebagai wajib pajak. Untuk itu pihaknya optimis akan bisa memberikan pelayanan yang optimal melalui program tersebut.

“Kami menyambut baik dengan adanya program Samsat Drive Thru ini. Tentunya kami berkomitmen untuk ada pendekatan pelayanan yang nantinya sangat terasa terhadap masyarakat sebagai wajib pajak,” ungkapnya.

Dipaparkan, masyarakat wajib pajak terdiri dari dua kelompok. Untuk kelompok wajib pajak pertama adalah masyarakat yang sudah patuh. Sehingga dapat dipastikan dengan adanya Samsat Drive Thru secara langsung akan membayar pajak kendaraan bermotor dan lainnya. Sedangkan kelompok wajib pajak kedua adalah masyarakat yang perlu disadarkan dan didorong.

“Program layanannya perlu untuk terus disosialisasikan oleh Pemkab Indramayu melalui kolaborasi antara camat dengan unsur samsat, kepolisian dan Jasa Raharja,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) wilayah Kabupaten Indramayu II Haurgeulis (Samsat Haurgeulis), Deni Handoyo mengharapkan, pelayanan Samsat Drive Thru harus bisa dirasakan kedekatan pelayanannya dengan masyarakat. Dalam hal ini salah satunya melalui peran serta kepala desa melalui BUMDes, koperasi, dan Karang Taruna sesuai perjanjian kerjasama antara Bapenda Provinsi Jawa Barat dan Pemkab Indramayu.

“Alhamdulillah target kami sudah 15 perjanjian (MoU, red) dan 9 kecamatan di Indramayu melalui peran serta kepala desa mengajak masyarakat untuk membayar pajak dengan mudah, cepat dan aman,” tandasnya. (tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.