Sama-sama Merawat Budaya Lokal, Cirebon-Ponorogo Bikin Ikatan

oleh -2 views
KUNJUNGAN. Rombongan DPRD Ponorogo bertandang ke Sanggar Seni Tari Kencana Ungu, membahas penjajakan kerja sama budaya antar daerah, Minggu (19/9). FOTO: SUWANDI/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Sanggar Seni Tari Kencana Ungu Cirebon menerima kunjungan rombongan DPRD Kabupaten Ponorogo, Minggu (19/9). Kunjungan tersebut dalam rangka penjajakan kerja sama budaya antara Cirebon dan Ponorogo.

Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto SPd menjelaskan, Cirebon dan Ponorogo sama-sama mempunya komitmen kuat dalam mengembangkan nilai-nilai kebudayaan di daerah masing-masing. Sehingga perlu dijalin penjajakan kerja sama dan tukar pendapat.

“Jadi kita tiga kali ini ya ke Sanggar Kencana Ungu. Tentu yang pertama silaturahim. Dan yang lebih utama ikatan budaya. Melihat budaya di Cirebon. Kita akan mendalami ini kalau ada kesempatan yang pada akhirnya (ditindaklanjuti) ke Pemda Ponorogo,” kata dia.

Sunarto menjelaskan, masing-masing Pemda baik Cirebon maupun Ponorogo hendaknya mendukung pengembangan budaya lokal. Karena itulah, pihaknya antusias bertandang ke Cirebon guna melihat langsung pengembangan budaya lokal oleh Pemda Cirebon.

“Bagaimana support Pemda. Tapi ini bertahap. Kebatinan dulu. Lebih-lebih Cirebon dan Ponorogo punya ikatan. Ini awal yang ternyata kita melihat Cirebon dan Ponoroga ini rasanya tidak ada perbedaan,” jelasnya.

Dari hasil kunjungan terdahulu, membuahkan hasil kerja sama penelitian sejarah Ponorogo oleh salah satu sejarawan asal Cirebon. Hal itu mengindikasikan bahwa kerja sama antara DPRD Ponorogo dan Sanggar Seni Tari Kencana Ungu membuahkan hasil manis. “Iya itu bagian dari kerja sama yang sudah terjalin,” ujar Sunarto.

Sementara itu, Pendiri Sanggar Seni Tari Kencana Ungu, Elang Panji Jaya Prawira Kusuma menjelaskan, keterbukaan dalam rangka kerja sama budaya di Sanggar Seni Tari Kencana Ungu sudah ada sejak lama. Sudah banyak penelitian, pratik lapangan hingga kunjungan kedinasan dari berbagai instansi yang dilakukan di Sanggar Seni Tari Kencana Ungu.

“Kunjungan DPRD Ponorogo ini merupakan suatu kehormatan bagi sanggar kami. Kami menyambut baik kerja sama antar walaupun masih dalam bentuk kunjungan,” ujar Elang Panji.

Ketua DKKC, Ahmad Jajuli SH mengatakan, sebagai sama-sama daerah yang merawat budaya lokal warisan leluhur, Cirebon dan Ponorogo sangat layak menjalin ikatan. Pihaknya mendukung upaya Pemda jika kerja sama antar kedua daerah berlanjut hingga tingkat yang lebih serius.

“Karena ada benang merah yang terhubung antara Cirebon dan Ponorogo. Kami dari pihak DKKC mendukung penuh kerja sama ini,” pungkas Jajuli. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.