Relawan Kebersihan Dikirimi Kendaraan Operasional Angkut Sampah

oleh -2 views
APRESIASI. Camat Cantigi Rusyad Nurdin menyerahkan bantuan kendaraan operasional angkut sampah dari bupati melalui DLH kepada Relawan Muda Kujang. FOTO: TARDIARTO AZZA/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Gerakan sukarela kelompok pemuda pada bidang kebersihan di Kecamatan Cantigi yang sejak beberapa tahun lalu akhirnya mendapat perhatian. Atas peranannya itu, Pemerintah Kabupaten Indramayu mengirimi kendaraan operasional untuk mengangkut sampah.

Kelompok pemuda yang tergabung dalam Relawan Muda Kujang Jaya itu melakukan gerakan kebersihan secara sukarela. Meski bergerak sejak beberapa tahun lalu, penunjang kegiatannya hanya dengan menggunakan sarana seadanya dan tanpa berharap pamrih.

Camat Cantigi, Rusyad Nurdin menyampaikan, kegigihan para pemuda tersebut terdengar oleh Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina. Apresiasi yang diberikan salah satunya mengirimkan kendaraan operasional roda 3 melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu.

Relawan Muda Kujang Jaya merupakan perkumpulan pemuda di Kecamatan Cantigi yang secara sukarela melakukan gerakan kebersihan dari satu tempat ke tempat lainnya. Bahkan seringkali melintasi antar desa di Kecamatan Cantigi, dan dilakukan selama bertahun-tahun.

“Kelompok relawan ini sangat aktif dalam melakukan gerakan kebersihan lingkungan,” jelasnya, Kamis (15/4) usai menyerahkan kendaraan operasional angkutan sampah bantuan bupati melalui DLH di kantornya.

Dikatakan, selama ini para relawan bergerak sendiri dan banyak membantu dibidang kebersihan. Sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat. “Sinergitas dan kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat terus kita lakukan di Kecamatan Cantigi. Para relawan ini sudah lama berkiprah untuk menciptakan kebersihan. Untuk itu hari ini kita berikan kendaraan roda tiga dengan status pinjam pakai dari Dinas Lingkungan Hidup,” paparnya.

Ketua Relawan Muda Kujang Jaya, Iman menyampaikan terima kasih kepada Bupati Nina Agustina dan Pemkab Indramayu yang telah membantu kendaraan operasional tersebut.  Kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat diharapkan akan terus terjalin selamanya.

Terpisah, Bupati Indramayu Hj Nina Agustina melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Aep Surahman menyatakan, pihaknya sangat mengapresasi adanya kelompok atau relawan pemuda dalam menciptakan kebersihan di lingkungannya. Apalagi dengan semangat yang tinggi dan kesukarelaan.

“Ibu Bupati sangat apresiasi terhadap relawan ini. Kita kirimkan kendaraan operasional untuk angkut sampah bagi mereka untuk melaksanakan kegiatan kebersihan lingkungan. Dengan adanya kendaraan ini semoga kebersihan di Kecamatan Cantigi semakin terjaga,” pungkasnya. (tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *