Rayakan Cap Go Meh, HIMAS Coffee Berbagi Makanan dengan Nelayan

oleh -35 views

RAKYATCIREBON.ID – Momen Cap Go Meh menjadi hari yang ditunggu bagi warga Tionghoa. Tak terkecuali di Cirebon. Pemilik HIMAS Coffee and Eatery, Sucipto Chandra mengatakan, walau dirayakan dalam masa pandemi, Cap Go Meh tetap bermakna. Lantaran diisi dengan kegiatan amal berbagi makanan kepada nelayan pesisir Kelurahan Panjunan, Kota Cirebon.

Chandra menjelaskan, Cap Go Meh masih menjadi rangkaian kemeriahan Imlek. Yakni hari ke-15 atau hari terakhir. Dalam sejarahnya, Cap Go Meh menjadi komen perpisahan bagi warga perantau yang pulang kampung kemudian kembali merantau.

“Cap Go Meh ini akhir dari perayaan Imlek. Ini tradisi masih rangkaian Imlek,” ujar Chandra.

Dia melanjutkan, biasanya Cap Go Meh dimeriahkan dengan pesra rakyat berupa iring-iringan Tao Pe Kong. “Biasanya dalam keadaan normal kita rayakan dengan ada arak-arakan. Bersyukur dikasih berkah selama setahun kemudian dijauhkan dari masalah,” kata Chandra.

Teddy Dharmadi Chandra, juga Pemilik HIMAS Coffee and Eatery mengatakan, berbarengan dengan momen Cap Go Meh, resto miliknya mengundang ratusan nelayan dan warga pesisir Kelurahan Panjinan makan bersama. Kegiatan tersebut, kata Teddy, juga merupakam kegiatan dwi mingguan di HIMAS Coffee and Eatery.

“Dalam situasi seperti ini nelayan harus jaga kondisi, kemudian asupan gizi harus baik. Karena saat ini nelayan lagi nggak melaut karena cuaca,” tukas dia.

Sodikin, Ketua Rukun Nelayanan RW 10 Kelurahan Panjunan mengaku sudah tiga bulan tak melaut. Lantaran cuaca tak menentu. “Jadi kami cari kegiatan lain untuk sekedar untuk makan. Kerja bangunan apa aja,” tukas dia. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *