Putus Komunikasi, Kendala Kerjasama Kodim-Baznas

oleh -6 views
ZAKAT TNI. Komisioner Baznas Kota Cirebon bertemu Dandim 0614/Kota Cirebon, Letkol Inf Herry Indriyanto.

RAKYATCIREBON.ID– Kodim 0614/ Kota Cirebon mendapat kunjungan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Senin (22/02).

Baznas melihat potensi besar pengumpulan ZIS di lingkungan TNI, khususnya di Kodim 0614/ Kota Cirebon. Sehingga perlu komunikasi untuk membangun kesepahaman.

“Alhamdulillah silaturahmi ini membahas rencana kedepan terkait pengumpulan ZIS yang akan dilakukan tim Kodim. Ada juga program sosial lainnya,” ungkap Dandim 0614/ Kota Cirebon, Letkol Inf Herry Indriyanto.

Salah satu yang menjadi pembahasan, lanjut Herry, adalah Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di lingkungan Kodim 0614/ Kota Cirebon. UPZ sudah terbentuk, namun masih ada beberapa kendala yang ditemui.

Sehingga pengumpulan zakat, infak dan sedekah (ZIS) dari para prajurit TNI di lingkungan Kodim 0614 masih belum maksimal.

Pada pertemuan kemarin, tim dari UPZ Makodim 0614 melaporkan, UPZ sudah terbentuk sekitar 3 sampai 4 tahun lalu. Saat itu, Baznas melakukan sosialisasi dan memelopori pembentukan UPZ.

Namun beberapa kendala yang ditemui dan sempat menjadi pembahasan dalam pertemuan, adalah tim UPZ belum menemukan aturan baku dari satuan atas, dalam hal ini Panglima TNI terkait Zakat, Infak dan Sedekah.

Selain itu, yang menjadi kendala, saat dulu dibentuk, tim UPZ merasa ada komunikasi yang terputus, sehingga tim UPZ seakan kehilangan arah untuk menjalankan fungsinya.

“Terkait UPZ ini, kami akan tindak lanjuti. Namun anggota kami butuh bimbingan dan arahan lebih lanjut dari Baznas,” jelas Herry.

Herry pun mengapresiasi program-program yang sudah digulirkan Baznas. Program sosial kemasyarakatan yang dilakukan manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan.

“Ke depan kita akan kolaborasi, menyelesaikan persoalan-persoalan sosial yang ada,” kata Herry.

Ketua Baznas Kota Cirebon, M Taufik SAg didampingi Wakil Ketua Bidang Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat, Fatihul Muhadi mengungkapkan, pertemuan tersebut untuk peningkatan pengumpulan zakat, infak dan sedekah para prajurit TNI, khususnya di lingkungan Kodim 0614/ Kota Cirebon.

Tak hanya itu, Baznas dan Kodim juga menyamakan persepsi terkait persoalan-persoalan sosial di Kota Cirebon, yang sebagian di antaranya bisa selesai jika pengumpulan zakat berjalan maksimal. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *