Putmas Bertekad Ingin Memulihkan Sektor UMKM

oleh -15 views
PEMBINAAN. Ketua DPD Putmas Majalengka Cecep Soleh Somantri (kanan) akan melakukan pendataan para kelompok usaha kecil dan menengah sebelum dilakukan pembinaan.

RAKYATCIREBON.ID – Sejumlah pengusaha kecil dan mikro membentuk sebuah perkumpulan yang diberi nama Perkumpulan Usaha Terpadu Masyarakat (Putmas).

Langkah tersebut dalam rangka meningkatkan usaha bersama, sekaligus menggalang persatuan antara para pelaku usaha kecil di Kabupaten Majalengka.

Pernyataan itu disampaikan Cecep Soleh Somantri usai terpilih sebagai Ketua DPD Putmas Majalengka di salah satu lokasi wisata di Majalengka, Kamis (2/1).

Cecep yang juga menjabat Sekretaris DPC PKB itu mengatakan, Putmas merupakan salah satu wadah bagi berkumpulnya para pelaku usaha kecil dan mikro di Kabupaten Majalengka, yang bertugas untuk mengkoordinir sekaligus mendorong peningkatan usaha bersama.

Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, hampir semua mengalami serangan yang cukup hebat. Termasuk kalangan usaha kecil dan menengah yang nyaris lumpuh.

Oleh karena itu, kata dia, Putmas memiliki komitmen untuk bisa memulihkan kembali sektor usaha kecil dan menengah, dengan sejumlah upaya dan strategi.

“Dengan bersama sama tentunya, halangan dan rintangan akan mudah dilalui, termasuk dalam upaya membangkitkan kembali usaha kecil dan ,menengah di Kabupaten Majalengka saat ini,”jelasnya.

Sebagai langkah awal pihaknya akan melakukan pendataan para kelompok usaha kecil dan menengah yang ada di Kabupaten Majalengka.

Nantinya, mereka para kelompok usaha akan diberikan pembinaan dan pelatihan terkait strategi peningkatan jenis usahanya masing-masing.

“Langkah awal para pengurus akan melakukan pendataan para kelompok usaha terpadu di masyarakat, yang nantinya secara rutin akan dilakukan upaya pembinaan, agar mereka bisa bangkit bersama,”sambungnya.

Sementara itu, Sekretaris Putmas Majalengka, Dudu Nahdudin menambahkan. sejauh ini kelompok usaha kecil menengah terpadu di masyarakat yang sudah bergabung bersama organisasinya cukup banyak, diantaranya kelompok usaha yang bergerak dibidang pertanian, perikanan hingga home industri berupa makanan olahan dan lainya.

“Nantinya mereka akan dikelompokan berdasarkan jenis usaha untuk kemudian mendapatkan pelatihan dan sosialisasi mengenai upaya pengembangan usaha sesuai jenis usahanya masing masing,”ucapnya.

Selain pengembangan usaha, Putmas sendiri akan berupaya membantu anggotanya terkait pemasaran produk. “Agar usaha mereka bisa terus tumbuh dan berkembang, imbuhnya. (pai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.