PT KAI Luncurkan Tiga Inovasi Baru

oleh -1 views
HUT. Dalam perayaan HUT ke-76, PT KAI Daop 3 Cirebon bagi-bagi boneka kepada para penumpang. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON – Selasa tanggal 28 September, PT KAI merayakan ulang tahun ke-76. Kemeriahannya pun diisi dengan berbagai kegiatan. Di Cirebon, secara sederhana PT KAI Daop 3 Cirebon bersama Komunitas “Edan Sepur” mengisi HUT dengan menyapa penumpang dan memberikan oleh-oleh berupa boneka kepada para penumpang KA di Stasiun Cirebon.

Pemberian oleh-oleh secara gratis tersebut, dimaksudkan sebagai dukungan sekaligus penyemangat bagi anak-anak agar tetap “Stay At Home” sebagaimana anjuran pemerintah. Dengan mengurangi mobilitas agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Pasalnya, sesuai Surat Edaran Kemenhub nomor 69 tahun 2021, pelanggan KA Jarak Jauh di bawah usia 12 tahun, untuk sementara waktu tidak diperkenankan melakukan perjalanan dengan KA. Dan penumpang KA Jarak Jauh di atas usia 12 tahun, diperbolehkan dengan harus melengkapi persyaratan yang sangat ketat.

“Dalam rangka menyambut HUT ke-76 KA ini, kami bersama komunitas Edan Sepur membagikan 500 paket boneka dengan beraneka ragam bentuk kepada para penumpang KA secara gratis di Stasiun Cirebon. Pesannya adalah, secara tidak langsung untuk menyemangati anak-anak yang sampai saat ini belum boleh melakukan perjalanan dengan KA,” demikian disampaikan Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto.

Sebagai kado bagi masyarakat Indonesia di hari ulang tahunnya yang ke-76, lanjut Suprapto, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan tiga inovasi baru di sektor pelayanan KA penumpang, mulai dari percepatan waktu tempuh, penyediaan layanan wifi gratis sampai inovasi dengan menyediakan layanan Live Cooking di atas KA.

Untuk inovasi pertama, dijelaskan Suprapto, PT KAI melakukan percepatan waktu tempuh untuk perjalanan beberapa rangkaian KA, diantaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Gambir – Surabaya Pasar Turi pp, KA Argo Lawu relasi Gambir – Solo Balapan pp, KA Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo Balapan pp dan KA Taksaka relasi Gambir – Yogyakarta pp.

Dicontohkan Suprapto, untuk rute Gambir – Yogyakarta pp yang awalnya 7 jam, perjalanan akan lebih singkat menjadi hanya 6 jam saja dengan menggunakan KA Argo Lawu dan Argo Dwipangga.

“Percepatan perjalanan ini bertujuan untuk memenuhi keinginan pelanggan yang memerlukan waktu perjalanan lebih cepat, ini dilakukan dengan peningkatan kemampuan prasarana sehingga kereta mampu melaju lebih cepat, namun tetap mengutamakan keselamatan perjalanan,” jelas Suprapto.

Inovasi kedua, di hari ulang tahunnya, PT KAI meluncurkan layanan Wifi gratis untuk beberapa rangkaian KA, diantaranya KA Argo Bromo Anggrek, KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, KA Argo Wilis, KA Taksaka, dan KA Argo Parahyangan.

“Hadirnya wifi gratis ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di era digital. Saat berada di kereta, pelanggan dapat memilih SSID wifi dengan nama #FreeWi-fi:MacroAd untuk dapat mengakses wifi gratis selama perjalanan,” ujar Suprapto.

Sedangkan untuk inovasi ketiga, PT KAI meluncurkan layanan Live Cooking diatas rangkaian KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, KA Taksaka dan KA Argo Wilis. Sebelumnya, kata Suprapto, layanan Live Cooking ini sudah hadir diatas rangkaian KA Argo Bromo Anggrek sejak 1 Juni 2021, kemudian kali ini PT KAI kembali menambah layanan live cooking pada KA-KA lainnya atas dasar respon masyarakat yang positif.

“Berbagai menu andalan dihadirkan dengan cara Live Cooking di atas Kereta Api ini, didalamnya ada koki-koki pilihan yang profesional. Selain langsung ke kereta makan, untuk memesan, penumpang bisa memesan melalui WhatsApp atau cukup melalui aplikasi KAI Access,” kata Suprapto. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.