Melalui Desa Peduli Pemilu, KPU Ajak Masyarakat Melek Politik

oleh -15 views

RAKYATCIREBON.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Kuningan, melaunching pogram Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), sebagai salah satu program KPU RI dalam pendidikan pemilih di Desa Kertayasa, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, kemarin.

Program tersebut digagas dalam upaya mendorong masyarakat pemilih yang mandiri, cerdas, bertanggung jawab dan tumbuh kesadaran berpartisipasi aktif pada Pemilu dan Pemilihan 2024 mendatang.

“Hari ini kita akan me-launching Program DP3 Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan dengan tema “Dari Desa untuk Indonesia” di Desa Kertayasa,” kata Ketua KPU Kuningan Asep Z Fauzi.

Karena Desa merupakan unit terkecil arena politik, sosial, ekonomi dan budaya yang berpengaruh kuat dalam pengembangan demokrasi.

Dari desa tumbuh nilai-nilai kekeluargaan, gotong royong dan musyawarah. Jika desa sudah mandiri dan rasional maka akan berdampak pada tingkatan yang lebih luas. Itulah moto dari program ini “Dari Desa Untuk Indonesia.

“Saya berharap, program ini dapat membangun kesadaran politik, mengedukasi masyarakat, menghindarkan masyarakat pada politik uang, meningkatkan kualitas partisipasi dan membentuk kader-kader terkait penyelenggara ad hoc,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Kertayasa Arief Amarudin menyampaikan, demokratisasi desa sebagai proses perubahan relasi kuasa bidang politik dan ekonomi yang ditandai oleh partisipasi aktif dan kritis warga desa dalam pengambilan keputusan strategis.

Ditingkat yang lebih tinggi, demokratisasi desa dipahami sebagai bentuk partisipasi aktif warga desa dalam sebuah proses politik untuk penguatan demokrasi maupun pembangunan daerah.

“Atas nama Pemerintahan Desa Kertayasa kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya event ini sesuai dengan visi Desa Kertayasa MAJU, Makmur Agamis Juara berbasis Desa 2025,” katanya.

Arie berharap semoga dengan launchingnya kegiatan DP3 di Kabupaten Kuningan, akan menumbuhkan kemajuan Demokrasi.

Ditempat yang sama, Bupati Kuningan H Acep Purnama mengatakan, program DP3 merupakan salah satu program yang dicanangkan KPU Pusat, untuk mendorong masyarakat agar lebih cerdas dan mandiri, termasuk bertanggung jawab sebagai anak bangsa dalam menyalurkan hak pilih dalam demokrasi.

”Saya menyambut baik kegiatan ini, karena area desa ini area kecil dari sebuah proses interaksi sosial antar peserta, termasuk pembangunan ekonomi, wilayah dan kehidupan dalam demokrasi,” ujarnya.

Bupati berharap untuk bersama-sama dapat menciptakan iklim demokrasi baik, agar terhindar dari tindakan atau perbuatan yang tidak dibenarkan. Termasuk hari ini karena kemajuan teknologi, akan semakin mudah terhasut hoaks yang mengarah perpecahan.

“Saya mendukung kegiatan ini, karena dengan adanya pendidikan demokrasi ini, insya Allah akan tersusun demokrasi yang rapih dan baik, sehingga demokrasi desa bisa dipahami sebagai embrio untuk terciptanya penguatan politik guna hari ini dan berkelanjutan untuk masyarkat,” ujarnya.

Turut hadir Camat Sindangagung dan unsur muspika, unsur perangkat desa dan karang taruna, disaksikan secara online anggota KPU pusat I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Al mubarok dan Idham Kholiq, serta Ketua KPU Kabupaten Kuningan beserta jajaran sekretariat, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Kuningan dan undangan lainnya.(ale)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.