Pilkades Serentak, Dinkes akan Kerahkan Petugas ke Tempat Pencoblosan

oleh -11 views

RAKYATCIREBON.ID-Sekretaris Asosiasi BPD Seluruh Indonesia (ABPedsi) Kabupaten Majalengka, Drs Deden Hamdani meminta, agar Pemerintah Kabupaten Majalengka memberikan subsidi lebih terkait rencana pelaksanaan Pilkades serentak yang akan digelar 22 Mei mendatang.

Pasalnya, dengan sistem dan aturan Pilkades yang baru, yang mengharuskan pelaksanaan Pilkades digelar di setiap Blok dengan batas maksimal 500 pemilih setiap TPS, akan memakan anggaran yang cukup besar.

Sementara Pemerintah desa sendiri hanya bisa memberikan subsidi atau bantuan pelaksanaan Pilkada, hanya dari dana Pendapatan Asli Desa (PADes).

Padahal, kata dia, masih banyak desa yang PADesnya minim. Sehingga hal itu perlu dipikirkan oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka.

“Memang Pemerintah Kabupaten Majalengka akan membantu memberikan subsidi, dalam pelaksnaan Pilkades serentak, cuma jika diakumulasi dengan jumlah kebutuhan nilainya masih minim. Oleh karena itu kalau bisa subsidi yang dikucurkan Pemkab bisa lebih besar lagi lah,” ujar Hamdani kepada Rakyat Cirebon, Jumat (22/1).

Terpisah, Dedi Haryadi Camat Sindangwangi mengatakan, jika saat ini pihaknya sedang menghitung-hitung berapa beban biaya dan kebutuhan pelaksanaan Pilkades serentak. Nantinya kebutuhan tersebut akan diajukan ke Pemerintah Kabupaten Majalengka.

“Kemarin kami sudah kumpulkan para tokoh dan BPD untuk sosialisasi pelaksanaan Pilkades serentak. Termasuk berapa kebutuhan realnya, untuk kemudian kita ajukan ke Pemkab Majalengka,”jelasnya.

Sementara itu terkait pelaksanaan Pilkades dimasa Pandemi, Kepala Dinas Kesehatan H Alimudin meminta agar semua tahapan Pilkades memperhatikan protokol kesehatan.

Terkait pada hari H pencoblosan, pihaknya sudah meminta petugas dinas kesehatan, terutama Puskesmas siaga di desa yang sedang melakukan pesta rakyat.

“Kami akan kerahkan para petugas kesehatan di desa yang sedang menggelar Pilkades. Langkah tersebut untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (pai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *