Petugas Gabungan Grebeg Covid Hingga ke Pelosok Desa

oleh -14 views
RAZIA. Kegiatan PPKM Grebeg Covid-19 Desa Pilangsari, Kecamatan Jatibarang menyasar masyarakat hingga ke pelosok desa. FOTO: TARDIARTO AZZA

RAKYATCIREBON.ID – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Desa yang terdiri dari berbagai unsur di wilayah Kecamatan Jatibarang kembali melaksanakan kegiatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai Kamis (17/6) pagi. Kegiatan yang lebih ditingkatkan dalam bentuk Grebeg Covid-19 itu dilaksanakan hingga menyisir pelosok desa.

Camat Jatibarang, Indra Mulyana AP MSi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan serentak di wilayah kerjanya itu berlangsung di 15 desa. Adapun jenis kegiatan Grebeg Covid-19 diantaranya operasi masker dengan melibatkan pemerintah desa hingga jajaran RT dan RW, Babinmas, serta Bhabinkamtibmas.

“Satgas Covid Desa melaksanakan razia penegakan disiplin penggunaan masker di lingkungan masyarakat desa masing-masing,” jelasnya.

Jika petugas mendapati masyarakat yang tidak menggunakan masker, maka identitas dicatat dan diberikan pembinaan. Meski demikian, pemerintah desa harus memberikan masker kepada masyarakat yang didapati tidak menggunakannya. “Lokasi razianya di titik-titik yang sering dilalui oleh masyarakat desa,” terangnya.

Selain razia penggunaan masker, juga dilaksanakan penyemprotan disinfektan oleh Satgas Covid-19 Desa di pemukiman penduduk dan sarana umum. Termasuk masjid, gedung sekolah, dan lainnya. Dalam penyemprotan ini petugasnya diharuskan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

“Satu tim terbagi dalam beberapa tugas, ada yang razia dan ada yang penyemprotan disinfektan,” sebutnya.

Dalam kegiatan itu pula, Satgas Covid-19 Desa berkeliling mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat dengan menggunakan pengeras suara.

“War-war penerapan prokes, baik wajib masker, cuci tangan, dan lainnya. Kegiatannya sampai ke pelosok harus tersentuh,” tegasnya.

Pj Kuwu Desa Pilangsari, Maman Fadilah SH menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan serentak di wilayah Kecamatan Jatibarang itu menjadi bagian penting dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Pihaknya mengerahkan seluruh pamong, termasuk para kepala dusun dan ketua RT maupun RW.

“Melawan penyebaran Covid-19 harus dilakukan bersama-sama, masyarakat juga harus berperan aktif. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir,” tandasnya. (tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.