Peserta Membludak, PWI Sukses Gelar OKK Perdana

oleh -8 views

RAKYATCIREBON.ID – Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) sukses digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat selama beberapa hari. Kegiatan yang mengawali rangkaian agenda di tahun 2021 itu diikuti peserta dari berbagai daerah di Jabar.

Ketua PWI Indramayu, Dedi S Musashi yang meneruskan pernyataan Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat menyampaikan, OKK perdana di tahun 2021 digelar selama tiga hari berturut-turut,14-16 Januari 2021. Pesertanya sebanyak 120 jurnalis, melonjak dari target yang kuotanya hanya 40. “Penyelenggaraan yang semula hanya akan digelar satu hari diperpanjang menjadi tiga hari karena jumlah pesertanya membludak,” jelasnya, Kamis (21/1).

Dikatakan, penyelenggaraan OKK merupakan bagian dari upaya PWI Jabar dalam mendorong peningkatan kualitas dan profesionalisme wartawan. Juga diharapkan menjadi langkah strategis menyiapkan estafet keberlangsungan PWI sebagai organisasi wartawan. Meski demikian, sebagai organisasi profesi, kualitas dan profesionalisme anggota PWI mutlak menjadi syarat wajib. Sehingga OKK menjadi sebuah keharusan sebelum masuk menjadi anggota PWI. “Setiap tahun jumlah anggota PWI juga selalu ada yang memasuki masa pensiun. Sehingga untuk keberlangsungan organisasi tentu dibutuhkan penjaringan anggota-anggota baru,” ujarnya.

Bagi wartawan yang ingin mengikuti OKK, lanjutnya, salah satu syaratnya juga harus bekerja di media yang sudah berbadan hukum. Sementara untuk dapat menjadi anggota PWI, maka peserta  juga harus dinyatakan lulus dalam OKK. “Inilah upaya PWI Jabar dalam mencetak dan mendorong profesionalisme wartawan khususnya anggota PWI,” tegasnya.

Sementara itu, agenda yang penyelenggaraannya diketuai oleh Yayat Tahyan Supiat itu menjadi pembuka kegiatan PWI Jawa Barat di tahun 2021. Namun dalam pelaksanaannya yang diikuti antusias dari pesertanya itu tetap menerapkan protokol kesehatan. “Rencananya kegiatan OKK juga akan kembali digelar pada Maret 2021 mendatang. Ini tak lain untuk mengakomodir peserta yang tidak tertampung pada penyelenggaraan OKK kali ini,” pungkasnya. (tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *