Peringati Hari Pahlawan, HMJ IQTAF Gelar Webinar Bersama Kasat Binmas Polres Cirebon Kota

oleh -8 views

RAKYATCIREBON.ID – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQTAF) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar webinar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Selasa (23/11/2021).

Webinar tersebut berlangsung secara online via Zoom Meeting pada pukul 19.00-20.10 WIB. Acara yang mengangkat tema Jadikan Semangat Pahlawan Untuk Terus Berjuang dalam Setiap Insan ini diisi oleh Kasat Binmas Polres Cirebon Kota yakni AKP Acep Anda SH.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana, Cut Mutia, menyampaikan Hari Pahlawan merupakan momentum mengenang semangat juang dan jasa pahlawan. Hal itu dinilai penting guna menumbuhkan rasa cinta tanah air.

“Tujuan kami menggelar acara ini adalah untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan kita semua. Sebenarnya Hari Pahlawan biasa diperingati pada tanggal 10 November yang mana itu sudah terlewati. Tetapi sejatinya mengenang jasa para pahlawan itu bisa kapan saja untuk mendorong semangat,” kata Mutia.

Ketua Umum HMJ IQTAF, M Hisam menekankan pentingnya mahasiswa untuk memiliki semangat juang yang tinggi seperti para pahlawan terdahulu untuk mencapai tujuan yang baik, yang bermanfaat bagi bangsa, negara dan agama.

“Kita sebagai mahasiswa harus bisa mencontoh semangat juang pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Zaman sekarang kita pun sebenarnya masih dijajah, tetapi dijajah dalam bentuk yang bentuk baru (teknologi). Maka dari itu kita jangan sampai terlena dan terbawa arus teknologi terutama berita-berita bohong (hoaks). Sebagai mahasiswa kita harus bisa mengantisipasi hal-hal tersebut,” kata Hisam.

Sementara itu, Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, H Muhammad Maimun MA MSI mengapresiasi kegiatan webinar Hari Pahlawan. Menurutnya kegiatan ini ditujukan supaya mahasiswa bisa mencontoh semangat para pahlawan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita harus mencontoh semangat juang pahlawan, agar kita bisa terus semangat. Mahasiswa menjadi semangat belajar, semangat berkarya, dan sebagainya. Dan kita juga harus menjadi pahlawan, minimal menjadi pahlawan untuk diri sendiri,” jelas Maimun.

Sementara itu, dalam penyampaian materinya, AKP Acep Anda SH selaku narasumber mengingatkan kepada peserta webinar untuk tidak menjadi generasi yang lemah, tetapi harus menjadi generasi yang kuat dan semangat. Terbukti dengan generasi yang kuat dan semangat, rakyat Indonesia bisa merdeka dari para penjajah.

Memperingati Hari Pahlawan bukan hanya sebatas perayaan saja. Tetapi harus ada esensinya. Semangat juang yang dimiliki oleh para pahlawan terdahulu dalam mengusir penjajah dan merebut kemerdekaan, hal itu juga yang seharusnya ada dalam diri para generasi-generasi sekarang.

“Jika kita lihat kebelakang betapa hebatnya perjuangan para pahlawan dalam mengusir penjajah dan menyatukan Indonesia. Tapi mirisnya, di zaman ini malah terlihat begitu mudahnya perpecahan. Seperti munculnya terorisme, berita-berita bohong, dan sebagainya,” kata Acep.

“Kita sekarang masih berada di masa pandemi, dan berangsur membaik. Oleh karena itu, mari kita sama-sama menjaga diri, melindungi diri sendiri serta orang lain. Karena pahlawan tidak hanya yang mengangkat senjata, memiliki niat untuk menyelamatkan orang lain di tengah pandemi ini khususnya itu sama saja dengan pahlawan,” tambahnya. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.