Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Wujudkan Komitmen Membangun Kuningan

oleh -3 views

RAKYATCIREBON.ID – Pemerintah Kabupaten Kuningan menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021, dengan tema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila” di Lapangan Setda Kabupaten Kuningan. Jum’at (1/10).

Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH yang diikuti oleh Wakil Bupati Kuningan H M Ridho Suganda SH MSI, beserta dengan Staf Ahli Bupati, Asisten Daerah, dan Kepala Bagian Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan.

Memperingati hari kesaktian Pancasila, kata Bupati, merupakan salah satu cara untuk menghargai para leluhur yang telah merumuskan nilai-nilai luhur untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua mengakui bahwa di samping telah mempersatukan kita sebagai bangsa dan negara secara utuh, pancasila memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik. Nilai-nilai pancasila telah membuat masyarakat kita semakin matang dalam kehidupan politik. Kenyataan sosial politik sudah seharusnya meneguhkan sikap kita bahwa pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus fondasi negara kita, sebagai falsafah negara, pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera,” tuturnya.

Kemudian, menurutnya, melalui peringatan hari kesaktian pancasila yang kita peringati setiap tahun harus dijadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan, dan mempromosikan pancasila sebagai sumber nilai, semangat untuk membangun sikap dan komitmen diri dalam membangun kabupaten kuningan yang berkelanjutan.

“Mari kita wujudkan pancasila dapat menyatu dalam gerak nadi dan derap seluruh kehidupan masyarakat Kabupaten Kuningan, dengan menjadikan hari kesaktian pancasila sebagai pemicu semangat menjadikan masyarakat kabupaten kuningan ma’mur, agamis, pinunjul, berbasis desa, untuk itu, kita harus terus-menerus menumbuhkembangkan nilai-nilai pancasila kepada semua  generasi, utamanya para generasi penerus bangsa Indonesia yang kita cintai ini,” ujarnya.

Sementara, Mendikbudristek Nadiem Makarim mengingatkan pentingnya pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut diungkapkan Nadiem Makarim terkait peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kanal Youtube Kemendikbudristek.

“Kepada semua masyarakat Indonesia, saya ucapkan selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan nilai-nilai pancasila yang menyertai langkah kita,” ujar Nadiem.

Menurut Nadiem, Hari Kesaktian Pancasila merupakan momen membangun Indonesia yang tangguh. Selain itu, Nadiem menekankan pentingnya membangun pendidikan Indonesia melalui kebijakan Merdeka Belajar.

“Mari membangun Indonesia lebih tangguh, lebih inklusif dan lebih mencerdaskan dengan Merdeka Belajar,” ujar Nadiem.

Nadiem mengatakan Hari Kesaktian Pancasila kali ini kembali diperingati di tengah kondisi pandemi Covid-19. Pancasila, menurut Nadiem, adalah spirit dalam menggalang kekuatan untuk bangkit dan pulih.

“Para pendiri bangsa Indonesia mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa, dan sejak kelahirannya sampai hari ini Pancasila adalah kekuatan kita untuk berjuang membangun cita-cita kita,” kata Nadiem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.