Peraih Emas PON Papua Disiapkan Beasiswa Pendidikan

oleh -11 views
SEMANGAT. Ketua PASI Kabupaten Cirebon bersama pengurus dan Dinas Pemuda Olahraga saat pembukaan invitasi atletik, kemarin.
SEMANGAT. Ketua PASI Kabupaten Cirebon bersama pengurus dan Dinas Pemuda Olahraga saat pembukaan invitasi atletik, kemarin.

RAKYATCIREBON.ID – Atlet berprestasi asal Kabupaten Cirebon sudah disiapkan beasiswa yakni jaminan pendidikan di Perbanas Institut Jakarta. Disediakan oleh Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI). 

Atlet berprestasi itu adalah Erna Nuryani. Pemilik medali emas dan perak dalam gelaran PON XX Papua lalu. Masing-masing medali diraih dari nomor estafet 4 x100 meter putri dan nomor lari 100 meter puteri. 

Sayangnya, Erna tak hadir dalam pembukaan Invitasi Atletik Pelajar tahun 2021, Senin (29/11). Tetapi Pengcab PASI Kabupaten Cirebon sudah menyiapkan beasiswa tersebut. 

“Beasiswa akan diberikan setiap bulan sebagai penghargaan dari Ketua PASI Kabupaten Cirebon. Sampai pendidikan Erna di Perbanas Institut Jakarta selesai,” kata Ketua Pengcab PASI Kabupaten Cirebon, Asdullah usai Pembukaan Invitasi Atletik Pelajar yang dilaksanakan di Stadion Ranggajati, Sumber, Senin (29/11).

Pria yang juga menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon ini, menjelaskan pemberian beasiswa untuk Erna ini, sebagai bentuk motivasi bagi para atlet atletik lainnya. Agar bisa mengikuti jejak Erna, menyumbangkan prestasi. 

Selain itu, beasiswa ini juga kata Asdullah sebagai bekal bagi Erna, ketika telah pensiun menjadi atlet. “Minimalnya setelah Erna sudah tidak menjadi atlet, ia memiliki masa depan yang baik. Bisa menyejahterakan dirinya, orang tuanya, dan keluarganya,” kata Asdullah.

Erna yang gagal hadir di pembukaan invitasi atletik ini pun dibenarkan oleh Ketua III Pengcab PASI Kabupaten Cirebon, Didin Jaenudin. “Kami memang awalnya sudah merencanakan Erna untuk bisa hadir. Namun karena jadwal latihan Erna yang cukup padat jadi tidak diizinkan oleh tim pelatih,” ujar Didin.

Ia menjelaskan, Erna saat ini sedang mengahadapi persiapan untuk bertanding pada ajang Sea Games 2021 di Vietnam. “Ia (Erna, red) sekarang sedang konsen latihan untuk menghadapi pertandingan di ajang Sea Games 2021 di Vietnam nanti. Jadi tidak dapat izin dari pelatih,” katanya.

Dalam kesempatan pembukaan Invitasi Atletik Pelajar tersebut, ada sekitar 2.267 atlet pelajar dari tingkat SD hingga SMA di Kabupaten Cirebon yang hadir.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Cirebon, Avip Suherdian melalui Kabid Olahraga Sumarno, mengatakan, kegiatan invitasi yang rencananya akan dilaksanakan selama 3 hari. Sebagai ajang silaturahmi bagi guru pendidik olahraga agar selalu berperan aktif dalam pembinaan atlet pelajar.

“Atletik adalah salah satu cabang olahraga unggulan Kabupaten Cirebon, dan invitasi ini adalah salah satu ajang untuk pembinaan dan pencari bakat atlet,” ujar Sumarno.

Ia melanjutkan, invitasi ini juga sebagai ajang pemanasan dalam menghadapi babak kualifikasi (BK) Porprov cabang olahraga atletik. “Untuk tahun ini ada 66 nomer yang dipertandingkan, yang terdiri dari Lari, Lempar, lompat serta Estafet,” katanya. (zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.