Penyimpan Vaksin Sudah Disiapkan Pemkab Cirebon

oleh -7 views

RAKYATCIREBON.ID – Pemkab Cirebon saat ini sudah menyiapkan 3 Cold Chain (Lemari Pendingin) yang berada di gudang farmasi setempat. Sementara 60 puskesmas juga, sudah mempersiapkan cold chain yang nantinya untuk menyimpan vaksid covod-19 dari gudang farmasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Hj Enny Suhaeni SKM MKes menyebut, cold chain yang berada di gudang farmasi, cukup untuk menampung 8 ribu vaksin yang akan diterima Pemkab Cirebon. Masalahnya, jumlah 8 ribu vaksin dipastikan tidak akan datang seluruhnya dalam waktu bersamaan. Sedangkan, kapasitas satu cold chain itu sendiri, bisa menampung 1.200 vaksin.

“Dinkes punya tiga cold chain. Tapi saya rasa cukup karena tidak mungkin vaksin datang langsung secara global. Kalau datang, ya langsung kita distribusikan ke masing-masing puskesmas. Kan puskesmas juga masing-masing punya cold chain. Kapasitasnya sama, satu cold chain bisa menampung seribu dua ratus vaksin,” ungkap Enny.

Sedangkan sistim pengiriman, Enny mengaku sudah bekerjasama dengan pihak keamanan, baik pihak Polresta maupun pihak Kodim. Vaksin dari gudang farmasi, akan dimasukan ke dalam cool box, dan dikirim ke setiap puskesmas. Dipakainya cool box, untuk memastikan suhu vaksin tetap terjaga, karena nanti kalau suhu tidak terjaga, vaksin akan rusak.

“Saat didistribusikan suhu vaksin harus benar benar terjaga. Suhunya antara dua sampai delapan derajat celcius. Tapi pada prinsipnya Kabupaten Cirebon sudah siap menerima dan menyalurkan vaksin covid. Mungkin Bulan Februari vaksinnya akan kami terima,” jelas Enny.

Enny menambahkan, ada sepuluh pejabat

Pemkab Cirebon yang akan menjalani vaksinasi pertama. Salah satunya adalah Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg dan Sekda, Drs H Rahmat Sutrisno MSi. Sedangkan selebihnya, untuk kepala dinas dan kepala rumah sakit. Terkait jumlah vaksin awal yang datang sekitar 8 ribuan, akan di prioritaskan untuk semua Nakes yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Nakes itu akan kami prioritaskan sekali. Mereka merupakan garda depan menangani covid. Mereka semua harus sehat. Nanti sisanya akan kami sasar buat masyarakat,” tukas Enny. (yog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *