Penuhi Kebutuhan, Pedagang Hewan Kurban Bermunculan

oleh -2 views
SUDAH BANYAK. Pedagang kambing dadakan bermunculan memenuhi kebutuhan hewan kurban jelang lebaran Idul Adha.
SUDAH BANYAK. Pedagang kambing dadakan bermunculan memenuhi kebutuhan hewan kurban jelang lebaran Idul Adha.

RAKYATCIREBON.ID – Jelang hari raya Idul Adha 2021, penjual hewan kurban mulai bermunculan. Salah satunya di sekitar lapangan Talun Kabupaten Cirebon. Puluhan kambing pun berjejer. Disediakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang hendak mencari hewan kurban.

Penjual hewan kurban, Amsor mengaku mulai buka sejak awal Juli lalu. Ia sudah terbiasa, hampir disetiap tahun, berprofesi menjadi pedagang kambing dadakan.

“Sesuai selera pasar saja. Musim hewan kurban, ya kita sediakan. Kebetulan sudah biasa. Jadi sudah banyak akses,” katanya.

Amsor mengaku, meskipun dimasa pandemi Covid-19, ketersediaan hewan kurban masih dirasa aman. Hanya saja harga per ekor kambing mengalami peningkatan. Ada kenaikan. Paling murah saat ini, kata dia, kambing dari peternak, dikisaran Rp2 jutaan. Untuk ukuran besar, harganya bisa mencapai Rp4 jutaan.

“Kita ambil untung sedikit saja. Yang penting lancar,” akunya.

Amsor mengaku, sementara ini, menyediakan 50 ekor. Sudah mulai rame pembeli. Mereka memesan lebih awal. “Ya seperti biasa saja. Mereka pesan dulu. Nanti menjelang waktunya, diambil. Sekarang sudah mulai ada yang pesan. Alhamdulillah,” kata dia.

Ia pun berharap, meskipun berada dimasa sulit, permintaan hewan kurban bisa meningkat. Amsor pun mengaku siap menyediakan berapapun kambing yang dibutuhkan. 

Sementara itu, pedagang lainnya, Iwan mengaku sudah melayani pembelian lewat jejaring media sosial (Medsos). Kebetulan, konsumennya sudah mengenal baik dengannya, sehingga tumbuh kepercayaan.

“Sekarang kan musimnya begini ya. Kita harus bisa menyesuaikan. Kita melayani pembelian lewat online. Bisa lewat medsos. Atau langsung pesan ke nomor kontak. Tapi, khusus yang sudah kenal baik saja. Tapi kalau sudah percaya, silakan saja. Kami antarkan kealamat tujuan,” imbuhnya.

Iwan mengaku, biasanya H-3 pemesanan meningkat. “Kalau yang sudah faham, pasti pesan dari jauh-jauh hari. Tapi kebanyakannya sih, pada pesan H-3. Kalau masih ada, yang kita penuhi permintaannya,” pungkasnya. (zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.