Pentingnya Edukasi Dan Literasi Keuangan Agar Terjerat Pinjol

oleh -1 views

RAKYATCIREBON.ID – Bank Kuningan Cabang Kadugede menyelenggarakan Edukasi dan Literasi Keuangan untuk pelaku UMKM se-Kecamatan Darma dengan tema “Pengenalan Produk dan Jasa Keuangan di Era Digitalisasi”. Acara tersebut dilaksanakan di Balai Desa Kawahmanuk Kecamatan Darma.

Peserta sosialisasi, edukasi dan literasi sebanyak 50 Orang terdiri dari BUMDESMA, pelaku UMKM, dan perangkat desa. Hadir pula perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Darma dan Dirut Bumdesma Dharma Bakti.

Kepala Bank Kuningan Cabang Kadugede, Rika Farliani SE M.Si mengatakan, kegiatan ini berkolaborasi dengan BUMDESMA Dharma Bakti dan salah satu kepatuhan terhadap Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 01/SEOJK.07/2014, tentang Pelaksanaan Edukasi dalam rangka Meningkatkan Literasi Keuangan kepada Konsumen.

Ditambahkan Rika sapaan akrabnya, alasan dibutuhkannya literasi keuangan adalah literasi keuangan yang baik sangat diperlukan untuk mendukung berbagai fungsi ekonomi. Jadi semakin banyak masyarakat yang sadar terkait produk dari jasa keuangan, maka akan semakin meningkat pula transaksi keuangan yang ada, dan akhirnya akan mampu meningkatkan pergerakan roda perekonomian.

“Literasi keuangan mampu membuat seseorang mengelola dan juga mengambil setiap peluang untuk bisa mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera di masa depan. Selain itu, literasi keuangan pun mampu membantu setiap individu dalam membuat keputusan utamanya yang berkaitan dengan pengambilan keputusan untuk berinvestasi ataupun menabung,” imbuhnya.

Narasumber yang didatangkan mengisi materi pada kegiatan edukasi dan literasi keuangan yaitu Dr Wahyu Hidayah M.Si selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan dan Tim Marketing Kantor Pusat Bank Kuningan Heri Nur Aripin dan Suci Nurul Insani.

Sementara itu, Kadiskominfo Kabupaten Kuningan menyampaikan materi yang mengupas terkait pentingnya kecakapan digital, peluang transformasi digital dan bahaya pinjaman online (pinjol), sementara Tim Marketing Bank Kuningan mengupas tentang produk tabungan, deposito dan kredit pada Bank Kuningan.

“Jangan sampai masyarakat terjerat pinjol, selain ilegal juga akan merugikan masyarakat itu sendiri,” jelas Wahyu

Ditemui seusai acara, Rika menuturkan bahwa “Bank Kuningan Cabang Kadugede merupakan Perumda BPR Kuningan milik Pemerintah Kabupaten Kuningan, jadi Bank Kuningan milik masyarakat Kuningan. Wilayah kerja Bank Kuningan Cabang Kadugede meliputi 6 (enam) kecamatan yaitu Kecamatan Kadugede, Nusaherang, Darma, Selajambe, Subang dan Cilebak”.(ale)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.