Pengumpulan ZIS ASN Menurun, Baznas Salurkan Bantuan Seribu Paket Sembako

oleh -2 views
BERI BANTUAN. Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Cirebon, Sutisna SH menyerahkan bantuan kepada perwakilan guru ngaji. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Melalui program Membantu Dampak Pandemi (Membumi), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon terus menyalurkan bantuan guna menanggulangi dampak pandemi. Terlebih, mereka yang masuk dalam asnaf zakat.

Rabu (8/9), Baznas menyaluran 1.000 paket sembako untuk imam masjid, guru ngaji, marbot dan petugas pengangkut sampah di Kota Cirebon. Dengan ketentuan 250 paket untuk masing-masing profesi.

Ketua Baznas Kota Cirebon, M Taufik SAg mengungkapkan, pihaknya tidak akan pernah berhenti melakukan penyaluran, selama masih banyak muzaki yang mempercayakan harta zakatnya kepada Baznas. Meskipun diakui Taufik, saat ini pengumpulan Zakat Infak dan Sadaqah (ZIS) di sektor ASN mengalami penurunan.

“Saat ini, pengumpulan zakat profesi ASN menurun. Tapi kami tidak berhenti melakukan penyaluran. Masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan,” ungkap Taufik.

Setiap paket bantuan yang diberikan, lanjutnya, adalah hasil dari pengumpulan ZIS yang dilakukan Baznas. Sehingga dipastikan Taufik, dana ZIS yang dititipkan akan disalurkan kepada yang seharusnya menerima.

“Hari ini saja ada 100 paket, setiap paket jika dinilaikan sebesar 150 ribu. Tinggal dikalikan. Artinya, kita akan maksimal menjaga kepercayaan yang diberikan para muzaki,” tandasnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Cirebon, Sutisna SH mengungkapkan, Baznas mempunyai peran yang penting dalam menyelesaikan persoalan sosial di Kota Cirebon. Terlebih di masa pandemi saat ini yang dampaknya sangat dirasakan masyarakat dari berbagai sektor. Mulai dari kesehatan, sosial sampai dampak secara ekonomi.

“Banyak persoalan di masyarakat yang tidak bisa langsung diselesaikan oleh pemkot. Dalam hal ini Baznas mengambil peran. Jadi sinergitas adalah kunci. Pemkot akan terus mendukung semua program Baznas dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat,” ungkap Sutisna.

Dengan segala keterbatasan yang dimiliki pemkot, lanjut Sutisna, ia berharap Baznas tetap menjadi bagian dari pemkot yang terus bergerak. Terlebih melalui program Membumi, membantu Pemkot mengatasi dampak pandemi yang begitu dirasakan masyarakat.

“Kami berharap, Baznas terus berperan aktif, meneruskan peran yang sudah dilakukan selama ini. Sementara kami pemkot dengan segala kekurangan, akan terus berupaya maksimal,” kata Sutisna. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.