Pengeringan Bendung Rentang Diundur, Krisis Air Bersih di Indramayu Berlanjut

oleh -3 views
INDRAMAYU– Pengeringan bendung Rentang di Kabupaten Majalengka hingga kini belum ada kepastian. Kondisi itupun menyebabkan krisis air bersih yang melanda sebagian besar masyarakat Indramayu terus berlanjut. ”Untuk pengeringan (bendung Rentang), sampai sekarang belum ada kejelasan jadi atau tidak,” ujar Koordinator Bendung Rentang Kabupaten Majalengka, Irdham kepada Rakyat Cirebon.

bendung rentang majalengka
Bendung Rentang Majalengka. doc. Rakyat Cirebon

Irdham menyatakan, keputusan mengenai pengeringan bendung Rentang sepenuhnya ditentukan oleh pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, yang berkedudukan di Cirebon. Hingga saat ini, pihaknya hanya bisa menunggu keputusan mengenai hal tersebut.Pengeringan bendung Rentang semula dijadwalkan pada 15 September – 15 Oktober 2015. Namun, dengan banyaknya permintaan air dari para petani, pengeringan akhirnya diundur menjadi 1 Oktober – 15 Oktober 2015. Ternyata, hingga 2 Oktober, pengeringan masih belum ada kejelasan.

Padahal, air yang akan digelontorkan dari aktifitas pengeringan bendung Rentang menjadi satu-satunya harapan PDAM Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu untuk memperoleh pasokan air baku. Sejak sebulan terakhir, Indramayu mengalami krisis air bersih menyusul ditutupnya aliran sungai Cimanuk untuk penggenangan Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang.Irdham menyatakan, pihaknya baru sebatas melakukan pengurasan lumpur di saluran induk (SI) Cipelang. Kegiatan yang dimulai pada 1 Oktober itu rencananya akan berlangsung selama tiga hari. Kondisi debit air di bendung Rentang saat ini sudah sangat minim.

Bahkan untuk SI Sindupraja, lantainya sudah kelihatan dan air tak bisa naik ke permukaan. ”Untuk pengurasan lumpur di Cipelang pun harus disemprot karena airnya susah,” tutur Irdham. Humas PDAM Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu, Doddy Sudrajat, saat dikonfirmasi, menyatakan akan terus melakukan koordinasi dengan pihak bendung Rentang guna memperoleh pasokan air baku. Pasalnya, air tersebut merupakan satu-satunya sumber air baku bagi PDAM Indramayu di wilayah timur.

Dari sekitar 90 ribu pelanggan PDAM Tirta Darma Ayu, yang terlayani normal hanya sekitar 25 ribu pelanggan yang berada di wilayah barat. Pasokan air baku di Indramayu wilayah barat bersumber dari Bendungan Jatiluhur.”Sementara sisanya yang berada di wilayah timur ‘ngicir’,” kata Doddy. Pasokan air baku di Indramayu wilayah timur bersumber dari Sungai Cimanuk yang saat ini ditutup untuk penggenangan Waduk Jatigede.(laz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.