Pengamat: Wajar Affiati Melawan

oleh -4 views
Ketua DPRD Kota Cirebon, Hj Affiati

RAKYATCIREBON.ID – Gugatan yang dilayangkan Affiati SPd terhadap Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan DPP Partai Gerindra secara lembaga sangat di luar dugaan.

Namun, Pengamat Politik, Gunadi Rasta SH MH menilai langkah yang diambil Affiati ini merupakan hal yang wajar. Terlebih, hal-hal mendasar yang melatarbelakangi keputusan Affiati ini, karena ia merasa didiskriminasi oleh partainya sendiri.

“Saya rasa wajar. Ini merupakan hak konstitusional dia yang harus dihormati. Terlebih, karena ia merasa terzolimi,” ungkap Gunadi, kemarin.

Sebagai partai nasionalis yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, lanjut Gunadi, sudah seharusnya Gerindra menghormati hak-hak konstitusional kadernya.

Termasuk dalam menjalankan roda organisasi, Gerindra harusnya mengikuti mekanisme dan aturan main yang ada. Sehingga tidak ada pertanyaan dari yang bersangkutan mengenai apa yang menjadi kesalahannya, sampai DPP menerbitkan SK pergantian ketua DPRD.

“Yang menjadi pertanyaan selama ini, sudahkah Affiati dikonfirmasi apa kesalahannya sehingga harus diganti? Kemudian, apakah penerbitan SK penggantian itu mekanismenya sudah benar?” kata Gunadi.

Di luar itu, tentu langkah yang diambil Affiati merupakan langkah yang sangat berisiko. Sehingga seharusnya, Affiati juga mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang menjadi risiko. Terlebih, yang ia gugat adalah tokoh sekelas ketua Dewan Pembina serta DPP sebagai lembaga tertinggi partai.

“Setiap warga negara harus menjunjung tinggi dan menghormati hukum. Semua ini tentu ada risikonya. Affiati harus siap dengan segala risiko,” imbuhnya. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.