Pelayanan Dikeluhkan, Pihak Puskesmas Jatisawit Klaim Sudah Sesuai SOP

oleh -15 views
BANTAH. Panit Provos yang juga Bhabinkamtibmas Jatisawit, Bripka Zainuddin berbincang dengan Kepala Puskesmas Jatisawit, Hj Iis Chisbiyah. FOTO: TARDIARTO AZZA

RAKYATCIREBON.ID – Pelayanan di Puskesmas Jatisawit, Kecamatan Jatibarang dikeluhkan warga lantaran dinilai tidak memberikan pelayanan yang dibutuhkan. Bahkan kabarnya dilaporkan kepada bupati melalui pesan whatsapp, namun pihak puskesmas mengklaim pelayanannya sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Dari informasi yang diperoleh koran ini, pada Minggu (6/6) sore terjadi kecelakaan lalu lintas di jakan raya Desa Jatisawit. Lalu oleh seseorang korban yang mengalami luka-luka itu dilarikan ke Puskesmas Jatisawit. Namun saat itu tidak ada satu pun petugas yang menangani, dan semua pintu ruangan tertutup.

Sedangkan dari screenshoot pesan singkat whatsapp seseorang yang langsung melaporkan ke bupati, diantaranya menyampaikan bahwa telah menolong korban lakalantas dan membawanya ke Puskesmas Jatisawit. Lalu selama 30 menit menunggu di luar, karena ruangan UGD ditutup dan tidak ada petugas medis yang piket. Dan beberapa lama kemudian korbannya dibawa ke RS Mitra Plumbon menggunakan mobil swasta.

Atas hal itu, Kepala Puskesmas Jatisawit, Hj Iis Chisbiyah SST MM membantah jika pihaknya tidak memberikan pelayanan semestinya. Ia sangat menyayangkan keluhan pelayanan di puskesmas yang dipimpinnya tersebut. Terlebih lagi melaporkan kepada bupati.

“Pelayanan di puskesmas itu ada SOP-nya, saya sudah klarifikasi ke bupati. Dan di sini tidak ada UGD, ada juga ruang tindakan,” jelasnya, Senin (7/6).

Untuk pelayanan tindakan, Senin sampai Kamis mulai pukul 07.00 WIB hingga 14.00 WIB. Hari Jumat pukul 07.00-11.30 WIB, dan Sabtu 07.00-12.00 WIB. Jika Minggu dan hari libur tutup. “Itu jam pelayanan di Puskesmas Jatisawit. Kita bekerja sesuai prosedur. Kalau yang 24 jam itu layanan persalinan,” terangnya.

Disinggung penanganan terhadap korban kecelakaan merupakan hal darurat, menurutnya setiap puskesmas memiliki pelayanan berbeda-beda. “Layanan puskesmas itu ada yang dilengkapi layanan 24 jam, rawat inap, ada juga yang tersedia layanan poned. Jadi setiap puskesmas itu tidak sama layanannya. Untuk UGD adanya di Puskesmas Jatibarang, kan satu kecamatan satu puskesmas besar,” paparnya.

Iis menambahkan, jika malam hari ada pasien darurat, maka pihaknya menyediakan kendaraan ambulan untuk melayani kebutuhan masyarakat.

“Kalau ada pasien darurat yang datang malam hari kami bisa mengantar ke Puskesmas Jatibarang atau rumah sakit. Kebetulan yang jaga malam bisa mengendarai ambulan,” kata dia.

Sementara itu, Panit Provos yang juga Bhabinkamtibmas Jatisawit, BRIPKA Zainuddin mengatakan, pihaknya sampai saat ini belum menerima laporan terjadinya kecelakaan lalu lintas tersebut. Pihaknya sempat kebingungan saat menerima screenshoot pesan whatsapp seperti yang diterima pihak Puskesmas Jatisawit. (tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.