Pedagang Pasar Celancang Dilatih Perhitungan Matematika

oleh -226 views

RAKYATCIREBON.ID – Mahasiswa yang sedang kuliah kerja nyata dari rumah (KKN DR) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan bimbingan perhitungan Matetatika terhadap Pedagang Pasar Tradisional Celancang Cirebon, Sabtu (24/7).

Tak cuma bimbingan kepada pedagang, anak-anak pedagang pun yang ikut bersama orang tua yang sedang berdagang ikut belajar bersama.

Deni Melah, salah satu Mahasiswa KKN DR IAIN Cirebon mengatakan Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari pada pukul 09.30 sampai selesai dengan menggunakan protokol kesehatan.

“Kegiatan ini bentuk kepedulian pemuda kepada para pedagang yang kurang dalam perhitungan,” kata Deni Melah.

Ia berpendapat kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pedagang. Karena ada saja pembeli yang curang dalam transaksi pembayaran.

Apalagi pedagang kurang cermat dalam perhitungan, di pasar juga banyak anak-anak pedagang yang masih kecil ikut berjualan sama orang tuanya.

“Dari pada anak-anak pedagang hanya bermain berlarian di pasar, saya ajak juga belajar bersama tentang matematika dasar, membaca dan menulis,” kata Deni Melah

Para pedagang dan anak-anak antusias ikut bimbingan belajar bersama, meskipun Deni Melah kualahan dalam mengajar lantaran sendirian.

Tetapi tidak memudarkan rasa semangat apalagi ketika melihat para pedagang dan anak-anak sangat antusias mengikuti bimbel tersebut.

“Program yang bagus sangat berguna bagi kami para pedagang yang minin dalam perhitungan semoga tetap berlanjut meskipun KKN telah selesai,” ujar Dewi, Mahasiswa KKN DR lainnya.

Salah satu pedagang lainnya, Susyanti juga merasa senang adanya pelatihan perhitungan Matematika ini. Saya senang dengan adanya bimbingan belajar menghitung yang sangat dibutuhkan bagi para pedagang pasar sini,” kata Susyanti.

Tak hanya pedagang anak-anak pun merasa gembira. “Senangnya ada bimbingan belajar gratis bisa belajar dengan semangat dan banyak teman belajar sambil bermain di pasar,” ujar Indah. (wahab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.