Pasar Ikan Selo Pengantin Resmi Dibuka

oleh -27 views
DIBUKA. Salah satu lapak pedagang di Pasar Selo Pengantin di Citemu Kecamatan Mundu usai diresmikan, belum lama ini.
DIBUKA. Salah satu lapak pedagang di Pasar Selo Pengantin di Citemu Kecamatan Mundu usai diresmikan, belum lama ini.

RAKYATCIREBON.ID – Pasar Selo Pengantin resmi dibuka. Pembukaan pasar ikan yang berada di Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon itu merupakan bentuk sinergitas antara forum nelayan Kecamatan Mundu, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Cirebon, serta Cirebon Power.

Kepala Pasar Ikan Selo Penganten, Abdul Halim mengatakan, keberadaan pasar ikan ini diharapkan meningkatkan potensi laut serta mendorong ekonomi masyarakat, serta bisa menjadi primadona di wilayah pesisir Cirebon. “Saya sangat berharap pasar ikan ini  membawa banyak manfaat bagi warga sekitar,” kata Abdul Halim.

Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Avip Suherdian menuturkan, pemerintah mengapresiasi pembukaan Pasar Ikan Selo Penganten ini. Avip juga mengucapkan terima kasih kepada Cirebon Power yang menginisiasi pembukaan pasar ini.

Menurut Avip, langkah yang dilakukan oleh Cirebon Power sudah sangat tepat. “Yaitu ikut membuat program, untuk berperan dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Avip.

Avip juga mengungkapkan, pemerintah Kabupaten Cirebon akan berupaya untuk mendukung dalam sarana atau prasarana. “Seperti jalan akses masuk, itu perlu diperbaiki,” kata Avip.

Salah satu pedagang, Sari mengaku senang dengan adanya pasar ikan ini. Karena menurut Sari, sebelumnya dia berjualan bersama orang tuanya di Pasar Cipeujeuh Kecamatan Lemahabang.

Jarak yang ditempuh untuk menuju Pasar Cipeujeuh cukup jauh. Berbeda dengan Pasar Ikan Selo Pengantin yang baru dibuka ini hanya beberapa menit saja dari kediamannya.

“Semoga saja pengunjungnya bisa lebih ramai lagi. Lebih enak di sini, tidak jauh,” kata perempuan asal Citemu.

Community Development Manager Cirebon Power, Hafid Saptandito menuturkan, bahwa Pasar Ikan ini  merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi Cirebon Power, bekerjasama dengan Forum Nelayan dan instansi terkait lainnya.

Pasar ikan ini akan dikelola secara profesional, sehingga membuat nyaman para pengunjung. Upaya tersebut ujar Hafid, akan dimulai dengan diselenggarakannya sejumlah pelatihan untuk para pedagang.

“Ada pelatihan tentang higienitas dan standar kebersihan, serta pelatihan penunjang lainnya,” kata Hafid.

Selain itu, ia juga berharap pasar ikan ini, nantinya bisa berkembang menjadi Tempat Pelelangan Ikan. Sehingga nantinya memiiki cakupan yang lebih   besar lagi.

Ia pun berencana, limbah dari pasar ikan ini akan dimanfaatkan untuk dijadikan biogas. Sehingga, selain pasarnya bisa membantu perekonomian masyarakat, lingkungannya juga tetap diperhatikan.

“Limbahnya, akan dimanfaatkan untuk portable biogas,” pungkasnya. (zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *