PAN Pede Maju Sendiri di Pilkada

oleh -22 views

RAKYATCIREBON.ID – Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Kabupaten Majalengka, DR H Tete Sukarsa mengaku pihaknya percaya diri (pede) untuk maju sendiri dalam Pilkada 2024 di Kabupaten Majalengka tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

Namun kata dia kesiapan itu dengan syarat jika dalam Pemilu nanti, PAN mampu meraih minimal 10 kursi DPRD Majalengka dan berhak mengusung kader internal. Namun jika memang suara Pemilu yang diraih PAN tidak sesuai harapan, maka koalisi dengan partai lain menjadi sebuah keharusan.

“Kalau nanti dalam Pemilu ternyata PAN mampu meraih kursi yang cukup untuk bisa membeli tiket maju dalam Pilkada, maka PAN akan memilih untuk tidak berkoalisi dengan partai lainnya. Misalnya dapat 10 kursi dan bisa mengusung sendiri, maka kita akan mengusung kader kita sendiri tanpa berkoalisis,” tandasnya saat berkunjung ke kantor PWI, Rabu (12/1).

Saat disinggung mengenai alasan kenapa PAN tidak mau berkoalisi jika mampu mengunci tiket ke Pilkada, Tete mengatakan agar PAN bisa leluasa memetakan program dan menjabarkan visi serta misinya nanti. Sebab jika berkoalisi dengan partai lain, kata dia akan sedikit ribet.

Hal senada diungkapkan Ketua DPD PAN Majalengka Rona Firmansyah. Menurut dia, jika memang dalam Pemilu pihaknya mampu mengkatrol suara dan jumlah perolehan kursi di DPRD Majalengka yang memungkinkan untuk mengusung calon sendiri, maka hal itu akan dilakukan.

Sedangkan untuk calonnya kata dia, yang pertama pihaknya mendapatkan reward dari DPP dengan diberikan kader-kader terbaik PAN yang juga berstatus artis. Sementara untuk pendampingnya nanti akan mencari kader internal PAN dari Majalengka.

“Sesuai arahan DPP jika PAN bisa mengantongi suara yang memungkinkan untuk bisa mengusung calon bupati dan wakil bupati sendiri, maka kita akan lakukan tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. Apalagi DPP sudah memberikan reward kepada DPD PAN Majalengka untuk memilih kader PAN artis yang ada, bisa Pasha Ungu atau Deni Cagur,” pungkasnya.

Munculnya nama Sigit Purnomo alias Pasha Ungu dan Denny Wahyudi (Denny Cagur) untuk cabup 2024 sebagai “reward” dari DPP PAN untuk DPD Majalengka. Nama-nama tersebut muncul ketika DPD PAN Majalengka bisa meraih tiket dalam pesta demokrasi itu.

Ketua DPD PAN Majalengka Rona Firmansyah mengatakan, munculnya nama dua artis itu berawal saat rakernas beberapa waktu lalu. Saat rakernas itu, jelas dia, ketua DPP PAN memberi bonus kepada DPD jika dalam Pileg 2024 mendatang bisa meraih satu tiket calon kepala daerah.

“Di Majalengka satu tiket itu 10 kursi. Jika tercapai, DPP menyumbangkan artis untuk maju ke Pilkada,” kata Rona saat berkunjung ke sekretariat PWI Majalengka, Rabu (12/1).

Di internal DPP PAN terdapat sejumlah nama artis. Sebagai kader, jelas dia, mereka sudah siap menjalankan instruksi dari pimpinan yang salah satunya ketika diminta maju untuk pemilihan kepala daerah.

“Di dalam rakernas, semua kader siap terhadap apa yang ditugaskan ketua umum. DPP PAN memiliki stok artis. Jika bisa meraih satu tiket, disodorkan artis. Pasha dan Denny itu kader,” papar dia.

Rona menjelaskan ada beberapa alasan mengapa DPD memilih dua nama itu. Pasha, dengan pengalamannya sebagai wakil wali kota, diharapkan bisa membawa perubahan ketika memimpin Majalengka.

“Untuk Denny Cagur, yang bersangkutan memiliki chemistry dengan Majalengka dan dia beberapa kali berkunjung ke sini (Majalengka),” jelas dia.

Lebih jauh dia menjelaskan, munculnya dua sosok itu bukan berarti mereka dipasangkan. Ditegaskannya, posisi artis itu akan diajukan sebagai cabup. Adapun untuk nama cawabup, akan mengusung kader lokal. Rumus tersebut dengan catatan PAN bisa mendapat tiket untuk mengajukan pasangan calon, cabup dan cawabup.

Saat ini Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kabupaten Majalengka telah membuka rekrutmen bagi para calon anggota legislatif di Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang. Sejumlah baliho yang menginformasikan soal rekrutmen calon legislatif saat ini mulai terpasang di beberapa ruas jalan.

Baliho rekrutmen calon anggota legislatif, yang terpasang ada wajah para artis tanah air yang terjun ke dunia politik. Diantaranya Sigit Purnomo Said atau dikenal Pasha Ungu dan Denny Wahyudi atau Denny Cagur dan Desy Ratnasari. Rona mengatakan, pihaknya ingin membesarkan PAN, dan dengan rekrutmen caleg diharapkan target perolehan kursi legislatif di Kabupaten Majalengka bisa bertambah.

Rona menjelaskan alasan  pemasangan baliho dengan foto Pasha Ungu, Denni cagur, dan Desy Ratnasari karena mereka merupakan kader PAN terbaik di tingkat pusat. Pasha Ungu saat ini menjabat Ketua DPP PAN, Denny Cagur saat ini menjabat sebagai Ketua DPW BM PAN Jakarta, dan Desy Ratnasari menjabat sebagai Ketua DPW PAN Jawa Barat. (pai/hsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.