PADes Minim, Panitia Sebelas Tetap Data Pemilih

oleh -7 views
LEBIH AWAL. Meski belum memasuki tahap Pilkades, sejumlah panitia sebelas berinisiatif mendata pemilih sementara lebih awal.

RAKYATCIREBON.ID-Pemerintah Kabupaten Majalengka memberikan subsidi atau bantuan untuk mendukung pelaksanaan Pilkades Serentak 2021 yang akan digelar 22 Mei 2021 mendatang.

Bantuan yang diberikan Pemkab Majalengka itu diantaranya berupa bantuan logistik. Seperti surat suara, alat pencoblosan hingga honor bagi panitia.

Namun demikian karena terbatasnya bantuan, Pemkab Majalengka mempersilakan Pemerintah Desa (Pemdes) untuk bisa membantu melalui anggaran Pendapatan Asli Desa (PAdes).

Salah seorang perangkat desa di Kabupaten Majalengka, Didin Haerudin mengatakan, salah satu persoalan yang dihadapi Pemerintah Desa saat ini, hampir sebagian besar PADesnya minim. Bahkan nol, sejak pandemi Covid menyerang.

“Memang ada klausul yang membolehkan desa memberikan bantuan subsidi. Cuma bantuan itu sumbernya harus dari PADes, persoalan saat ini hampir sebagian besar desa Padesnya minim akibat pandemi Covid-19,” kata Didin, Minggu (28/2).

Sejumlah panitia sebelas di Kecamatan Sindangwangi saat ini, mulai menyisir data pemilih sementara (DPS).

Meski belum memasuki tahap pendataan. Namun untuk memudahkan dan menyukseskan pelaksanan Pilkades serentak, sejumlah panitia sebelas berinisiatif untuk melakukan penyisiran data pemilih sementara lebih awal.

Agar saat pelaksanaan pendataan pemilih sementara digelar, mereka bisa lebih ringan beban kerjanya.

“Kami memilih lebih awal melakukan penyisiran DPS, nanti saat sudah memasuki pendataan DPS, kami akan terjun kembali menyisir kembali DPS sebelum nantinya ditetapkan sebagai DPT,”jelas Urup Fitria anggota Panitia Sebelas Desa Lengkong Kulon.

Dijelaskan dia, sistem Pilkades serentak kali ini sangat berbeda dengan Pilkades sebelumnya, sehingga perlu kerja ekstra keras. “Kami berharap pelaksanaan Pilkades serentak tahap pertama ini bisa berjalan aman dan sukses,” imbuhnya. (pai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *