Optimis 16 Ribu Dosis Vaksin Sehari Tercapai

oleh -2 views
ANTRE VAKSINASI. Warga di wilayah Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka rela antre untuk mengikuti vaksinasi, Minggu (17/10). FOTO: PAI SUPARDI/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Kabupaten Majalengka, menargetkan capaian pemberian vaksinasi Covid-19 akan dilakukan dengan 16 ribu dosis suntikan per hari, baik untuk suntikan dosis 1 dan 2. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi saat meninjau langsung di sejumlah lokasi pelaksanaan vaksinasi di wilayah hukum Polres Majalengka, Sabtu (16/10).

Edwin optimis target 15 ribu hingga 16 ribu dosis sehari bakal terealisasi. Hal itu, melihat jumlah stok vaksin yang dimiliki Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka yang juga sekaligus dibarengi antusiasme masyarakat yang ingin vaksin.

“Dikebutnya kegiatan vaksinasi tersebut bertujuan untuk mempercepat herd immunity di Kabupaten Majalengka dengan sasaran terutama para pelajar dan masyarakat umum,” jelas Edwin.

Lebih lanjut, Edwin mengajak seluruh pihak agar ikut mendorong keberhasilan program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Majalengka.

Sebab, vaksin dinilai sebagai salah satu upaya tambahan dalam mengendalikan pandemi Covid-19 di kota berjuluk Angin.

“Kami juga berpesan agar membudayakan protokol kesehatan Covid-19 terus dilaksanakan oleh seluruh masyarakat meskipun telah mendapat vaksin Covid-19 secara lengkap,” harapnya.

Secara keseluruhan, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka, per Jumat 15 Oktober 2021, mencatat sebanyak 216.010 masyarakat umum telah menerima suntikan dosis pertama.

Sedangkan, baru 88.900 orang telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin Covid-19 di Kabupaten Majalengka.

“Dengan demikian, target vaksinasi pemerintah dari total sasaran 746.420 orang baru menyentuh 29 persen dari sasaran vaksinasi yang menerima suntikan dosis pertama. Sedangkan suntikan dosis kedua baru berada di angka 12 persen,” ujar Sekretaris Dinkes Majalengka, Agus Susanto.

Sementara untuk anak/remaja usia 12-17 tahun yang telah menerima suntik vaksinasi dosis 1, sebanyak 11.614 orang atau setara dengan 9 persen dan yang telah disuntik lengkap (dosis2) baru mencapai 7 persen atau 8.818 orang dari total sasaran 124.701

Untuk total sasaran vaksinasi bagi lansia sendiri, menurut dia, sebanyak 126.633. Sedangkan yang sudah menerima vaksinasi dosis 1, sebanyak 19.169 orang atau 15 persen. Sementara, yang sudah disuntik dosis 2, baru menyentuh angka 8 persen atau 9.904

“Oleh sebab itu, diperlukan dukungan berbagai pihak, tak hanya pemerintah saja, melainkan termasuk elemen masyarakat, TNI/Polri, ormas, dan swasta untuk terus dapat mempercepat laju vaksinasi Covid-19,” ucap Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka ini.

Sementara itu, vaksinasi Covid-19 di Desa Argamukti Kecamatan Argapura diserbu warga. Dari target sebanyak 500 peserta ternyata yang datang dan mengikuti kegiatan vaksinasi mencapai 1.037 warga, Minggu (17/10).

Membludaknya jumlah peserta vaksinasi Covid-19 di desa itu, dipicu tingginya kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi Covid-19 dalam rangka memutus corona, yang saat ini mulai melandai.

Atik Supartika SPd, Wakil Ketua Satgas Covid-19, yang juga ketua BPD Desa Argamukti mengakui tingginya minat warganya untuk divaksin disebabkan sosialisasi masif yang dilakukan pihaknya, maupun Puskesmas dan Muspika Kecamatan Argapura kepada masyarakat.

“Alhamdulilah, minat masyarakat di desa kami sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan vaksinasi,” imbuhnya. (hsn/pai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.