Nyaris Refocusing Lagi, Akhirnya Shelter PMKS Dibangun

oleh -3 views
SHELTER PMKS. Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH melakukan peletakan batu pertama pembangunan Shelter PMKS di belakang kantor Dinas Sosial. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Setelah melalui proses panjang pengajuan anggaran, sampai sempat gagal karena anggaran yang sudah disiapkan di tahun 2020 lalu harus direfocusing untuk penanganan pandemi, akhirnya pembangunan shelter bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dimulai.

Meskipun sudah dimulai sejak awal pekan lalu, Jumat (15/10) kemarin, Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH secara resmi melakukan peletakan batu pertama pembangunan fondasi gedung yang dibangun tepat di belakang kantor Dinas Sosial tersebut.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, melalui proses lelang yang dilakukan secara online, pembangunan Shelter PMKS dilaksanakan oleh CV Anggrek Lestari dengan anggaran sebesar  Rp736.500.000.

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) menjadi SKPD yang menggawangi pembangunan Shelter PMKS. Melalui surat perjanjian kerja dengan nomor 09/SP/PPK/R.Singgah/DPUTR/2021, pembangunan akan dilaksanakan dalam waktu 87 hari kalender.

Kepala Dinas Sosial Kota Cirebon, Dra Santi Rahayu mengungkapkan, pihaknya sangat bersyukur, karena pembangunan Shelter PMKS yang selama ini diperjuangkan bisa dimulai.

“Kita sempat deg-degan, karena sempat ada info proyeknya ini gagal lelang. Tapi alhamdulillah pembangunan bisa dimulai,” ungkap Santi.

Pembangunan di tahun 2021 ini, lanjut Santi, adalah pembangunan awal. Karena lahan yang minimalis, maka fasilitas tidak akan mencukupi sesuai yang diharapkan. Jika hanya dibangun satu lantai saja, sehingga ke depan pembangunan akan dilanjut dengan tahap kedua.

“Mudah-mudahan pelayanan kita terhadap PMKS bisa dilaksanakan maksimal setelah fasilitas ini hadir. Pak Walikota sudah mengatakan akan mengupayakan untuk tahap selanjutnya,” kata Santi.

Sementara itu, Walikota Cirebon, Drs Nashrudin Azis SH mengatakan, Dinas Sosial selama ini sudah berjuang maksimal untuk menyelesaikan persoalan sosial yang terjadi di Kota Cirebon. Namun kehadiran fasilitas berupa rumah singgah atau shelter bagi PMKS ini, menjadi satu kebutuhan mendesak. Sehingga Pemkot mengupayakan perencanaannya agar bisa dibangun tahun ini.

“Saya bersyukur, Dinas Sosial ini memiliki semangat luar biasa untuk mengatasi persoalan sosial. Dinsos mengupayakan pembangunan fasilitas pendukung dan kita upayakan,” ungkap Azis.

Diakui Azis, beberapa tahun ini memang APBD di Kota Cirebon tidak stabil karena kondisi pandemi. Sehingga program-program pembangunan banyak yang ditunda. Bahkan beberapa program prioritas pun harus tertunda.

“Hampir kena refocusing lagi. Tapi saya lihat ini tidak bisa ditunda lagi. Sudah mendesak. Nanti untuk tahap dua harus dilanjutkan, karena rencana besar tentang shelter. Tahap pertama belum cukup, kita bikin ke atas dua lantai,” imbuh Azis. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.