Nabung Sampah, Hasilnya Buat Bayar PBB dan THR

oleh -11 views
DAPAT UANG. Seorang warga menyetorkan sampah yang dikumpulkannya ke Bank Sampah Banjaran Hilir (BSBH).

RAKYATCIREBON.ID – Kehadiran┬ábank sampah┬ádi tengah pandemi Covid-19, mulai dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Bagaimana tidak, Bank Sampah Banjaran Hilir (BSBH) tersebut, memberikan uang bagi setiap sampah yang ditukarkan oleh masyarakat.

Selain membuat lingkungan menjadi bersih, kehadiran bank sampah yang berada di Blok Banjaran Hilir, Desa Banjaran, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka ini juga mendatangkan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Inovasi yang dilakukan pemuda setempat, banyak mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Mulai dari Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana beserta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Majalengka dan Dandim 0617 Majalengka, serta berbagai pihak lainnya.

Salah satu pendiri sekaligus Dewan Pengawas BSBH, Gelar S Ramdhani mengatakan, bank sampah Banjaran Hilir tersebut, mulai dirintis sejak September 2019 silam dan saat ini sudah mempunyai nasabah sekitar 30 orang.

“BSBH ini dibentuk sebagai jawaban atas kegelisahan pemuda Banjaran Hilir terkait sampah di kampung kami. Dan saat ini, kehadiran bank sampah, selain sebagai solusi masalah lingkungan, juga memberikan manfaat ekonomi,” ungkap Gelar S Ramdhani, kemarin.

Gelar menjelaskan, setiap nasabah BSBH dapat menabung sampah setiap sebulan sekali. Nanti oleh petugas BSBH sampah anorganik yang masuk akan ditimbang, dicatat, kemudian dikumpulkan.

“Setelah terkumpul uangnya akan ditabungkan. Rata-rata setiap  pengangkutannya BSBH bisa mengumpulkan sampah lebih dari 700 kilogram,” jelasnya.

Uang hasil tabungan sampah tersebut, kata dia, bisa digunakan nasabah sebagai Tabungan Hari Raya (THR) dan akan dibagikan menjelang lebaran. Sehingga, nantinya juga bisa digunakan untuk Bayar Pajak Bumi Bangunan (PBB), sembako ramadan dan lainnya.

“Meski masa pandemi Covid-19, Bank Sampah Banjaran Hilir tetap hadir melayani masyarakat. Tentunya, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” katanya.

Salah seorang warga Banjaran Hilir yang juga nasabah BSBH, Teti mengaku bersyukur. Setelah hadirnya BSBH tersebut, dirinya selaku masyarakat tidak bingung untuk membuang sampah.

“Saat ini, dengan kehadiran bank sampah seperti BSBH, selain tidak bingung lagi untuk buang sampah, kami juga sekarang dapat penghasilan tambahan dari sampah-sampah yang dibuang tersebut,” ucapnya. (hsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *