Muncul di Pemukiman, Kera Liar Serang Warga Jatibarang

oleh -83 views
DITANGKAP. Seorang warga menjaga kurungan ayam jago berisi kera liar yang tertangkap warga sebelum berhasil kabur. FOTO: TARDIARTO AZZA/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Seekor kera liar tiba-tiba muncul di pemukiman warga di Blok Como, Desa Pilangsari, Kecamatan Jatibarang, Indramayu. Kemunculan hewan primata yang terlihat seram berukuran badan cukup besar itu, membuat geger. Beruntungnya, petugas pemadam kebakaran berhasil melumpuhkannya.

Dari informasi yang diperoleh koran ini, Selasa (8/6), warga sekitar dipastikan tidak ada yang memelihara hewan jenis tersebut. Kera liar itu mulanya terlihat di pekarangan sekitar pukul 06.00 WIB pada Senin (7/6).

Beberapa lama kemudian, setelah menghilang didapati sedang berjalan di atap sebuah bangunan milik warga setempat. Lalu sejumlah warga berusaha menangkapnya. “Saya lagi lewat pulang kerja malam lihat itu (kera, red) di atas genteng. Terus dikejar padahal takut nyerang,” kata Galang (25).

Sesaat kemudian kera yang dikejar warga ternyata berkelahi dengan seekor anjing ketika hendak menyerang unggas peliharaan seorang warga. Masyarakat pun bergegas melakukan penangkapan dengan modal kurungan ayam jago. Kera pun tertangkap.

Ternyata kera yang bermuka seram dengan taring panjang itu, berhasil merusak dua kurungan ayam, lalu kabur. Warga pun kembali mengejarnya. Lalu kera yang sudah terkepung itu dengan sangat cepat memanjat pohon mangga. Seketika itu, warga merasa putus asa lantaran kera bertengger di batang pohon dengan ketinggian lebih dari 10 meter. Warga pun hanya bisa menunggu. “Tadinya sudah kena (tertangkap, red) tapi lepas lagi,” tutur Yanto (34).

Warga yang resah atas kemunculan kera itu, lalu menghubungi kantor pemadam kebakaran untuk meminta bantuan. “Ini kalau tidak ketangkep takutnya nyerang lagi,” ucapnya.

Beberapa lama kemudian, sejumlah petugas pemadam kebakaran tiba dan berusaha menangkap hewan tersebut. Namun petugas disulitkan dengan posisi kera yang melompat ke pohon kelapa. Setelah mempertimbangkan banyak hal terutama keselamatan warga, akhirnya kera bisa dilumpuhkan dan dievakuasi dari atas pohon.

Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu, Teguh Budiarso membenarkan anggotanya telah berhasil melumpuhkan kera yang meresahkan warga tersebut. Ia mengimbau warga agar tidak segan meminta bantuan apabila terjadi sesuatu hal yang membahayakan. (tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.