Mulai Garap Kasus Sponsor Affiati, BK Minta Penjelasan Sekwan

oleh -12 views
SURAT BK. Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Cirebon sudah menyurati sekretaris DPRD untuk melaporkan kronologis dan arsip surat berkop DPRD minta sumbangan. FOTO: IST/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Cirebon sudah melayangkan surat ke sekretariat DPRD sejak 12 April lalu. Surat tersebut berkaitan dengan polemik surat berkop DPRD yang menyasar perusahaan dan instansi pemerintahan perihal penawaran sponsorship dan donasi untuk pembuatan spanduk.

Surat BK DPRD dengan Nomor 172/279-DPRD perihal permohonan data dan informasi itu, ditandatangani Ketua BK DPRD, HP Yuliarso BAE dan Wakil Ketua BK DPRD, M Fahrozi. Surat tersebut ditujukan langsung kepada sekretaris DPRD Kota Cirebon.

BK melalui surat tersebut meminta kepada sekretaris DPRD atau sekretaris dewan (sekwan) untuk menyampaikan laporan kronologis terbitnya surat yang ditandatangani Ketua DPRD, Affiati SPd. BK sekaligus meminta arsip terkait surat penawaran sponsorship dan donasi yang dimaksud.

“Kita sudah sampaikan surat resmi ke sekretaris DPRD untuk minta penjelasan kronologis dan arsip surat yang dimaksud tersebut,” ungkap Ketua BK DPRD, Yuliarso, Senin (19/4).

BK meminta sekwan membalas surat tersebut paling lambat 14 April lalu. Namun sampai kemarin, diakui Yuliarso, sekwan belum membalasnya.

“BK meminta setidaknya tanggal 14 April laporan penjelasan dari sekwan sudah bisa diterima. Tapi sampai hari ini (kemarin, red) belum juga,” kata Yuliarso.

Politisi Partai Demokrat itu menambahkan, keterangan dari sekwan sangat dibutuhkan pihaknya untuk mengetahui dari sisi administrasi terbitnya surat tersebut. Hal itu sebagai tindak lanjut dari adanya laporan masyarakat yang diterima BK.

“Kita menindaklanjuti laporan dari seorang warga Kota Cirebon terkait surat yang ditandatangani ketua dewan. Dari sisi administrasi di setwan seperti apa, kita juga butuh penjelasannya,” tuturnya.

Yuliarso sudah menghubungi Sekretaris DPRD, Agus Sukmanjaya SSos untuk mengonfirmasi terkait belum dibalasnya surat dari BK. “Saya sudah tanya ke Pak Sekwan. Katanya sedang dikonsep surat balasannya,” kata politisi yang pernah menjabat ketua DPRD itu.

Sekretaris DPRD Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya menyampaikan, pihaknya masih mematangkan draf surat jawaban atas surat BK DPRD. Rencananya, hari ini surat balasan akan dikirim ke BK DPRD.

“Tadi siang (kemarin, red) drafnya sudah masuk dari staf, ada beberapa koreksi. Insya Allah besok siang (hari ini, red) sudah bisa terkirim ke BK,” kata Agus, tadi malam. (jri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *