Mobil Ini Bisa Tekan Resiko Kelecakaan Saat Sopir Ngantuk

oleh -7 views

RAKYATCIREBON.ID – Melintas di jalan tol saat bepergian jauh menjadi pilihan utama pengendara roda empat. Selain kontur jalan yang lebih baik, waktu tempuh juga lebih cepat. Lantaran minim kemacetan layaknya jalan raya atau jalan perkampungan.

Jalan tol kerap digunakan pengendara jarak jauh. Namun, kenyamanan di jalan bebas hambatan ini bukan berarti tak ada resiko kecelakaan. Tak sedikit kecelakaan terjadi di jalan tol. Lantaran kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi berimbas fatal saat terjadi benturan.

Dari banyaknya faktor penyebab kecelakaan di jalan tol, kelelahan sopir menjadi salah satunya. Karena itu, Daihatsu merancang seri Xenia terbaru dengan fitur keselamatan yang lengkap. Hal itu dibenarkan Branch Manager Astra Daihatsu Cirebon, Vincetius Allen Budiono mengatakan, seri terbaru low MPV 7 seater ini bernama All New Xenia.

Allen mengatakan, Fitur keselamatan berkendara, All New Xenia dilengkapi sistem teknologi Advanced Safety Assist (ASA). Sekaligus menjadikan All New Xenia low MPV pertama yang mengadopsi teknologi ASA.

Dengan ASA kelematan berkendara dapat ditingkatkan. Ada 6 fitur utama dalam teknologi ASA. Beberapa di antaranya yakni collision warning untuk mendeteksi potensi tabrakan. Kemudian ada collision braking untuk mendukung pengereman mengurangi resiko benturan.

Lalu ada lane departur warning untuk peringatan mobil keluar jalur tanpa sengaja. Juga ada lane departur prevention untuk mengoreksi stir agar mobil kembali ke jalurnya. Sehingga resiko kecelakaan dapat diminimalisir.

“Ini untuk mengurangi micro sleep. Saat mengemudi di jalan tol lalu ngantuk beberapa detik sehingga mobil keluar jalur akan ada peringatan dari fitur ini. Juga mobil bisa masuk jalur lagi secara otomatis,” ujar Allen.

Selain itu, All New Xenia juga dilengkapi anti lock brake system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD), hill start assist (HSA), vehicle stability control (VSC), emergency stop signal (ESS), dual airbag, rear parking camera & 360 degreea around view monitor, window jam protection dan immobilizer. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.